Ciutan Rasisme Rektor ITK Bikin Geger, Mahasiswa Tuntut Mundur

Senin, 09 Mei 2022 - 23:24 WIB
loading...
Ciutan Rasisme Rektor ITK Bikin Geger, Mahasiswa Tuntut Mundur
Ratusan mahasiswa ITK saat turun ke jalan menggelar aksi menuntut agar Rektor ITK, Prof Budi Santosa Purwokartiko mundur dari jabatannya, buntut ciutan rasisme di media sosial. Foto: iNewsTV/Mukmin Azis
A A A
BALIKPAPAN - Ciutan Rektor Institut Tehnologi Kalimantan (ITK) Prof Budi Santosa Purwokartiko di sosial media April 2022 lalu bikin geger. Pasalnya, ciutan itu diduga berbau rasisme .

Puluhan mahasiswa dari berbagai jurusan di kampus ITK pun berang dan melakukan aksi unjuk rasa, Senin sore (9/5/2022) di depan Gedung Rektorat ITK.

Aksi ini dilakukan mahasiswa buntut dari cuitan Rektor ITK, Prof Budi Santosa Purwokartiko di sosial media. Dalam postingannya yang viral itu, diduga mengandung unsur rasisme.



Para mahasiswa pun meminta Prof Budi Santosa untuk turun dari jabatannya sebagai Rektor Institut Tehnologi Kalimantan (ITK).



Korlap Aksi, Yustiadi Sampai Mangkulai menegaskan, mahasiswa sangat menyesalkan postingan yang viral di sosial media itu karena dinilai telah mencoreng nama kampus dan dapat memecah belah persatuan antar agama.

“Hari ini kami dari KM ITK turun ke jalan untuk menuntut Rektor Profesor Budi Santosa yang hari ini dengan cuitannya menimbulkan banyak sekali efek domino, di mana perspektif kami hari ini bahwa mahasiswa ITK merasa tidak nyaman, khusus hari ini bahwa kami, merasa nama baik kampus kami sangat tidak enak dilihat oleh kalangan masyarakat Indonesia, jadi kami KM ITK menuntut kepada Profesor Budi Santosa, selaku Rektor ITK, yang pertama menuntut untuk meminta maaf serta klarifikasi secara resmi kepada seluruh mahasiswa, kepada seluruh rakyat Indonesia,” tegasnya.



Yang kedua kata dia, pihaknya menuntut kepada Profesor Budi Santosa untuk membuat pernyataan resmi siap mengundurkan diri dalam waktu 7x24 jam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1499 seconds (0.1#10.140)