Pengoperasian Pelabuhan Indah Kiat, Bantu Urai Kepadatan Kendaraan di Merak

Sabtu, 30 April 2022 - 13:39 WIB
loading...
Pengoperasian Pelabuhan Indah Kiat, Bantu Urai Kepadatan Kendaraan di Merak
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Foto: Istimewa
A A A
CILEGON - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, meminta penambahan pelabuhan dan dermaga agar bisa mengurai kepadatan kendaraan di Pelabuhan Penyebrangan ASDP Merak, Banten.

"Untuk truk-truk bisa diarahkan ke Pelabuhan Indah Kiat. Kapal yang digunakan adalah kapal besar jadi sekali jalan bisa menampung sekitar 200 kendaraan,” kata Menhub, Sabtu (30/4/2022).

Di Pelabuhan Indah Kiat akan disiapkan tiga kapal Roro besar dengan rute ke Pelabuhan Panjang, Lampung.



Menhub mengungkapkan, terjadinya kepadatan kendaran yang akan masuk ke kapal, pada 25 April 2022, disebabkan adanya kendaraan yang sudah berada di area parkir pelabuhan, padahal jadwal keberangkatan kapalnya masih lama.

“Kemarin terjadi perebutan dulu-duluan masuk ke kapal, tidak sesuai jadwal yang ada. Sehingga orang yang harusnya jadwalnya sudah berangkat malah tidak bisa masuk kapal,” jelasnya.

Terpisah, Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto menyatakan, dengan dibukanya Pelabuhan Indah Kiat untuk kendaraan logistik, maka arus mudik bisa dilayani 8 dermaga. Sebagai tambahan dari 7 dermaga pelabuhan penyebrangan ASDP Merak yang terdiri dari 1 dermaga eksekutif dan 6 dermaga reguler.



"Dengan dioperasikannya Pelabuhan Indah Kiat untuk melayani kendaraan logistik, tekanan arus mudik melalui Pelabuhan Penyebrangan ASDP Merak pun akan berkurang," bebernya.

Sementara itu, Direktur APP Sinar Mas, Suhendra Wiriadinata menuturkan, Pelabuhan Indah Kiat merupakan salah satu anak usaha APP Sinar Mas.

Saat ini Pelabuhan Indah Kiat, Cilegon difungsikan untuk pelabuhan alternatif bagi kendaraan logistik dan pemudik untuk mengurai kepadatan di Pelabuhan Merak saat arus mudik Lebaran 1443 Hijriah.



"Kita mendukung arahan pemerintah untuk membantu mengurai kemacetan dan kepadatan di Pelabuhan Merak bagi pemudik," ucapnya.

Diharapkan, dibukanya Pelabuhan Indah Kiat menjadi solusi untuk membantu kelancaran antrian kendaraan angkutan penyeberangan di periode mudik.

"Pengoperasian Pelabuhan Indah Kiat untuk membantu pemudik agar bisa pulang kampung dan berlebaran bersama keluarga," tandasnya.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2321 seconds (0.1#10.140)