Pengoperasian Pelabuhan Indah Kiat, Bantu Urai Kepadatan Kendaraan di Merak

Sabtu, 30 April 2022 - 13:39 WIB
loading...
Pengoperasian Pelabuhan Indah Kiat, Bantu Urai Kepadatan Kendaraan di Merak
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Foto: Istimewa
A A A
CILEGON - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, meminta penambahan pelabuhan dan dermaga agar bisa mengurai kepadatan kendaraan di Pelabuhan Penyebrangan ASDP Merak, Banten.

"Untuk truk-truk bisa diarahkan ke Pelabuhan Indah Kiat. Kapal yang digunakan adalah kapal besar jadi sekali jalan bisa menampung sekitar 200 kendaraan,” kata Menhub, Sabtu (30/4/2022).

Di Pelabuhan Indah Kiat akan disiapkan tiga kapal Roro besar dengan rute ke Pelabuhan Panjang, Lampung.

Baca juga: Truk Logistik Mulai Padati Pelabuhan Merak

Menhub mengungkapkan, terjadinya kepadatan kendaran yang akan masuk ke kapal, pada 25 April 2022, disebabkan adanya kendaraan yang sudah berada di area parkir pelabuhan, padahal jadwal keberangkatan kapalnya masih lama.

“Kemarin terjadi perebutan dulu-duluan masuk ke kapal, tidak sesuai jadwal yang ada. Sehingga orang yang harusnya jadwalnya sudah berangkat malah tidak bisa masuk kapal,” jelasnya.

Terpisah, Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto menyatakan, dengan dibukanya Pelabuhan Indah Kiat untuk kendaraan logistik, maka arus mudik bisa dilayani 8 dermaga. Sebagai tambahan dari 7 dermaga pelabuhan penyebrangan ASDP Merak yang terdiri dari 1 dermaga eksekutif dan 6 dermaga reguler.

Baca: Jumlah Pemudik Sepeda Motor di Pelabuhan Merak Meningkat

"Dengan dioperasikannya Pelabuhan Indah Kiat untuk melayani kendaraan logistik, tekanan arus mudik melalui Pelabuhan Penyebrangan ASDP Merak pun akan berkurang," bebernya.

Sementara itu, Direktur APP Sinar Mas, Suhendra Wiriadinata menuturkan, Pelabuhan Indah Kiat merupakan salah satu anak usaha APP Sinar Mas.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2177 seconds (10.55#12.26)