Bupati Noormiliyani Awali Penyaluran Zakat Fitrah ke Baznas

Jum'at, 29 April 2022 - 20:53 WIB
loading...
Bupati Noormiliyani Awali Penyaluran Zakat Fitrah ke Baznas
Melalui program Batola Setara Cinta Zakat. Bupati Noormiliyani menjadi yang pertama menyalurkan zakat fitrahnya melalui Baznas Barito Kuala, Rabu (27/4/2022).
A A A
MARABAHAN - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Barito Kuala (Batola) membuka penerimaan Zakat Fitrah Ramadhan 1443 Hijriyah melalui program Batola Setara Cinta Zakat. Pada kegiatan ini, Bupati Barito Kuala Noormiliyani AS menjadi yang pertama menyalurkan zakat fitrahnya melalui Baznas Barito Kuala, Rabu (27/4/2022).

Penyerahan zakat fitrah dilakukan bupati di hadapan Ketua Baznas Batola KH Abdul Aziz pada acara Batola Setara Cinta Zakat bertema 'Keteladanan Pemimpin dan Pengusaha Daerah dalam Penunaian Zakat, Infaq, dan Shadaqah' yang juga dihadiri Sekdakab Batola Zulkipli Yadi Noor, Kepala Kemenag Anwar Hadimi, Ketua TP-PKK Saraswati Dwi Putranti Rahmadian Noor, Ketua DWP Herwina Rezeki, Kabag Kesra M Husaini, para pengurus mesjid dan undangan.

Pada kesempatan ini bupati juga menyerahkan paket sembako secara simbolis bagi para marbot dan pengurus mesjid di Barito Kuala. Wakil Ketua Baznas Barito Kuala Hazrul Aswad menyampaikan, Baznas merupakan lembaga resmi yang memiliki tugas dan wewenang untuk mengelola zakat sesuai Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Zakat.

Dengan dimulainya penyaluran zakat dari bupati, ia mengharapkan diikuti para pimpinan SKPD, pimpinan BUMN, BUMD, dan pengusaha beserta masing-masing jajaran. Bupati Noormiliyani AS sangat mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, jika zakat diterima dan dikelola satu pintu melalui lembaga resmi yang ditunjuk pemerintah, ia yakin manfaatnya akan lebih terasa dan dapat terpantau pengelolaannya. Di samping itu hal ini sesuai dari arahan Presiden Jokowi agar melakukan penyaluran zakat melalui lembaga resmi yang ditunjuk pemerintah, yaitu Baznas.

“Setidaknya jika zakat dikelola satu pintu akan mencegah kelompok-kelompok radikal memanfaatkan untuk kepentingan kelompok-kelompok mereka,” ucapnya. Mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel ini berharap, program Batola Setara Cinta Zakat ini dapat memacu semangat masyarakat dalam berinfaq dan bersedekah serta meningkatkan kepedulian sosial antara sesama. CM
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2057 seconds (0.1#10.140)