Digagas Megawati, Trenggalek Bersolek Wujudkan Smart City

Kamis, 28 April 2022 - 19:09 WIB
loading...
Digagas Megawati, Trenggalek Bersolek Wujudkan Smart City
Trenggalek mengerahkan seluruh potensi agar menjadi Smart City Indonesia. Hasilnya kini telah ada lima aplikasi pelayanan publik yang cepat, mudah. Foto/Ilustrasi/Dok.KORAN SINDO
A A A
TRENGGALEK - Kota Cerdas atau Smart City yang diinisasi serta digaungkan oleh Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputeri, melalui Inpres No 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-government terus berlanjut hingga saat ini.

Di era kepemimpinan Presiden Jokowi, implementasi program Smart City di Indonesia diharapkan dapat mempercepat perwujudan Indonesia sebagai Smart Nation.



Merespons Megawati dan Jokowi, Bupati Trenggalek, Jawa Timur, Mochamad Nur Arifin mengerahkan seluruh potensi yang ada di wilayahnya untuk mencari terobosan baru yang sarat inovasi bagi peningkatan pelayanan publik. Hal itu agar memenuhi seluruh kriteria untuk menjadi Smart City Indonesia.

Hasilnya, Trenggalek kini telah memiliki setidaknya lima aplikasi pelayanan publik terkini kekinian yang cepat, mudah, terukur dan transparan, sebagai wujud transformasi birokrasi.

“Mendengar arahan Ibu Megawati dan Bapak Jokowi, kami semakin tergerak untuk mengakselerasi ide-ide besar, inovasi, gagasan serta terobosan yang inovatif, agar Pemkab Trenggalek dapat memenuhi seluruh aspek dan kriteria sebuah Smart City,” kata Bupati yang akrab dipanggil Mas Ipin kepada wartawan, Kamis (28/4/2022).

“Alhamdulillah, sudah ada lima aplikasi pelayanan publik, yakni e-link, cafe pelayanan publik digital, petung dadi versi 2.0, survei kepuasan masyarakat, dan smart bench wifi corner yang sudah dapat dinikmati masyarakat,” lanjut Mas Ipin.



Terobosan dan inovasi ini, telah membuat Pemkab Trenggalek mendapat kesempatan untuk menjalin kerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo), untuk mewujudkan Smart City Indonesia.

Mochamad Nur Arifin bahkan telah menandatangani nota kesepahaman atau MoU secara virtual dengan Kemenkominfo. Sehingga Pemkab Trenggalek akan mendapat pendampingan penyusunan masterplan Smart City tahun 2022 bersama 50 kabupaten atau kota di seluruh Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2136 seconds (0.1#10.140)