Pelajar belajar bikin kerajinan dari limbah koran

Kamis, 04 Juli 2013 - 00:45 WIB
Pelajar belajar bikin kerajinan dari limbah koran
Pelajar belajar bikin kerajinan dari limbah koran
A A A
Sindonews.com - Menghabiskan masa liburan tidak bertamasya keluar kota yang hanya akan mengahabiskan uang.

Di kota Solo Jawa Tengah sejumlah anak -anak mengisi liburan dengan belajar membuat aneka kerajinan dari koran bekas.

Tepatnya di kampung Sambirejo, Kadipiro, Kecamatan Banjarsari, Surakarta anak-anak kreatif itu memanfaatkan waktu luangnya. Dengan membawa koran bekas mereka mendatangi sentra kerajinan Bina Usaha Mandiri untuk membuat berbagai anyaman kerajinan.

Dengan dibimbing salah satu karyawan di tempat itu mereka tampak antusias dan langsung mempraktekkan membuat lintingan-lintingan kertas sebagai bahan baku anyaman kerajinan.

Lintingan kertas koran itu bisa dibuat berbagai hiasan rumah tangga seperti tempat tisu, tempat pensil, sandal, sangkar burung dan berbagai macam hiasan dinding lainnya.

Seperti pengakuan Diah ayu pertiwi ini. Pelajar asal kampung Kadipiro tersebut mengatakan sengaja mengisi liburannya kali ini cukup belajar membuat kerajinan. Dia tak ingin bertamasya karena mengeluarkan uang apalagi semua barang dan jasa sekarang makin mahal.

"Dengan membuat kerajinan dari limbah koran bekas saya mendapat mengalaman baru," ujar Diah, Rabu (3/6/2013).

Sementara Triyana salah seorang karyawan di kerajinan Bina Usaha Mandiri mengatakan, pihaknya selalu terbuka untuk tempat belajar termasuk untuk anak anak mengisi liburan sekaligus mengenalkan produk kerajinan dari bahan limbah menjadi barang yang bernilai ekonomis.

Kata Triyana kegiatan anak anak di Kadipiro kota Solo itu patut diacungi jempol. Sebab, mereka benar - benar memanfaatkan waktu mereka untuk belajar meski di hari libur sekolah.

"Dan mungkin liburan semacam ini menjadi alternatif bagi pelajar di kota lain," tuturnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5467 seconds (0.1#10.140)