Kisah Yang Chil-seong, Pejuang Kemerdekaan Indonesia asal Korea yang Merepotkan Belanda

Rabu, 27 April 2022 - 05:33 WIB
loading...
Kisah Yang Chil-seong, Pejuang Kemerdekaan Indonesia asal Korea yang Merepotkan Belanda
Yang Chil-seong, pejuang kemerdekaan Indonesia asal Korea yang ditangkap Belanda di kaki Gunung Dora, perbatasan Garut-Tasikmalaya. Foto/gahetna.nl
A A A
Perjuangan kemerdekaan Indonesia tak hanya dilakukan oleh pemuda pemudi pribumi, namun juga dibantu sejumlah warga dari luar negeri yang kemudian menjadi bagian penting para pejuang.

Pejuang asal negara lain yang ikut membantu perjuangan kemerdekaan Indonesia di antaranya bernama Yang Chil-seong yang lahir di Korea pada 29 Mei 2019.

Baca juga: Kisah Kapten Lukas Kustaryo Pentolan Siliwangi yang Diburu Tentara Belanda

Kisahnya menjadi bagian penting perjuangan merebut Kemerdekaan dimulai saat ditugaskan oleh penjajah Jepang di Indonesia. Dikutip dari world.kbs, Yang Chil-seong dipekerjakan sebagai penjaga tawanan perang tentara Sekutu di Bandung, Jawa Barat pada sekitar tahun 1942.

Yang Chil-seong yang memiliki nama Indonesia yakni Komarudin dan nama Jepang sebagai Shichisei Yanagawa ini dipekerjakan Jepang yang saat itu menjajah Indonesia dan Korea. Pada masa itu, Jepang ingin memperkuat wilayah jajahannya di kawasan Asia Tenggara.

Pasca kemerdekaan Korea dan Indonesia pada 1945, Yang Chil-seong ternyata memilih tetap tinggal di Indonesia dan berganti nama menjadi Komarudin. Dia pun memutuskan memeluk agama Islam.

Nah, usai Jepang kalah dan tentara kolonial Belanda datang kembali ke Indonesia untuk melancarkan agresi militer, Yang Chil-seong pun pergi ke wilayah Garut.

Baca juga: Kisah Entong Gendut, Pendekar Betawi yang Melawan Penjajah dengan Kelewang

Yang Chil-seong saat itu pergi bersama dua tentara Jepang, yakni Hasegawa (Abubakar) dan Masahiro Aoki (Usman) ke Garut untuk bergabung dengan para pejuang kemerdekaan yang tergabung dalam kelompok Pasukan Pangeran Papak.

Kelompok pasukan ini berasal dari Markas Besar Gerilya Galunggung (MBGG) yang bermarkas di daerah Wanaraja, Garut dan dipimpin oleh Mayor Kosasih.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1850 seconds (11.210#12.26)