Ribuan Personel Gabungan Dikerahkan saat Operasi Ketupat

Jum'at, 22 April 2022 - 18:17 WIB
loading...
Ribuan Personel Gabungan Dikerahkan saat Operasi Ketupat
Jajaran Polda Sulawesi Selatan mengerahkan sekitar 4.409 personel saat Operasi Ketupat Idul Fitri 1443 Hijriah, mulai tanggal 28 April 2022. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Jajaran Polda Sulawesi Selatan mengerahkan sekitar 4.409 personel saat Operasi Ketupat Idul Fitri 1443 Hijriah, mulai tanggal 28 April 2022. Hal ini untuk menciptakan situasi aman dan kondusif di tengah masyarakat pada saat momen lebaran.

Kapolda Sulsel, Irjen Pol Nana Sujana mengatakan, Operasi Ketupat digelar selama 12 hari dari tanggal 28 April hingga 9 Mei 2022. Pihaknya akan mengerahkan sekitar 2.000 personil, serta 2000 personil lainnya dari gabungan TNI dan instasni terkait.



''Kami kerahkan kurang lebih 4.409 Personel, yang terdiri dari 2.200 anggota Polri dan 2.200 petugas gabungan dari instansi terkait misalnya TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan juga melibatkan Dinas Kesehatan serta masyarakat. Ini dilaksanakan sampai tingkat kecamatan,'' tegas Irjen Pol Nana Sujana, Jumat (22/4/2022).

Operasi Ketupat lanjut dia, merupakan operasi yang digelar serentak di seluruh Indonesia. Dalam operasi Ketupat ini pihaknya mengedepankan fungsi preventif yang menjamin keamanan masyarakat saat menajalankan mudik .

Dirinya juga bilang, dalam indikator keberhasilan pelaksanaan Operasi Ketupat kali ini adalah menjaminnya rasa aman dari gangguan kambitmas serta menurunnya angka kecelakaan lalu lintas.

"Kita harapkan kecelakaan akan menurunkan dan pelanggaran pun dapat kita turunkan kemudian yang ketiga adalah kita juga harapkan terhindarnya masyarakat dari penyebaran Covid-19 yang artinya kami dalam hal ini akan kita lakukan penegakan disiplin protokol kesehatan," tandasnya.

Selain itu, Polda Sulsel juga mendirikan 102 pos pengamanan. 63 pos pengamanan, 33 pos pelayanan kesehatan, dan 6 pos terpadu. Pos tersebut tersebar di bandara, pelabuhan, terminal, dan jalur-jalur yang dilewati pemudik, termasuk tempat keramaian atau rekreasi.



''Kami harapkan kalau memang pemudik menggunakan kendaraan pribadi, disiapkan betul kendaraannya jangan sampai mogok di jalan. Persiapkan fisik dan persiapkan juga kendaraannya,'' ucap Irjen Pol Nana Sujana.

Kapolda juga mengimbau agar masyarakat yang hendak mudik diupayakan selalu menjaga diri, dan selalu mengecek kesiapan mudik terutama mengecek kendaraan yang akan digunakan untuk mudik.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2828 seconds (0.1#10.140)