Sekretaris Cantik Ini Ajak Perempuan Indonesia Teladani Perjuangan Kartini

Kamis, 21 April 2022 - 07:33 WIB
loading...
Sekretaris Cantik Ini Ajak Perempuan Indonesia Teladani Perjuangan Kartini
Cecillia Icha. (Ist)
A A A
JAKARTA - Raden Ajeng Kartini merupakan salah satu Pahlawan Nasional Indonesia. Nama Kartini selalu diperingati setiap tanggal 21 April. Perempuan kelahiran Jepara itu dianggap berjasa dalam mendobrak dunia pendidikan serta emansipasi bagi wanita tanah air.

Sosok Kartini juga kerap menjadi imajinasi serta motivasi bagi kaum hawa di Indonesia untuk berkarir serta memperjuangkan hak-hak perempuan demi kesetaraaan gender.

Seperti halnya bagi Cecillia Icha, sekretaris salah satu perusahaan yang bergerak di bidang teknologi. Menurut wanita berparas eksotis itu, Kartini adalah seorang wanita pemberani dan kuat.

"Wanita yang berperan lebih dalam kehidupan berbangsa dan bernegara terutama di bidang pendidikan," ujar wanita yang akrab disapa Cecil tersebut.

Wanita berdarah Manado ini juga menyebutkan, banyak keteladanan yang bisa diambil dari sosok Kartini yang telah mendobrak serta mendongkrak masalah pentingnya pendidikan bagi perempuan.

"Kartini menjadi pelopor emansipasi wanita. Karini juga salah satu yang memperjuangkan pentingnya pendidikan tinggi bagi wanita," kata Cecil.

Saat ini lanjut Cecil, di tanah air juga telah muncul sosok Kartini- Kartini baru yang kontribusi bagi negara. "Contohnya yang tidak asing di telinga kita Najwa Shihab yang selalu berpikir kritis dengan keberaninnya mengungkap kebenaran. Sosoknya yang cerdas dan beriwibawa sukses banget menurutku untuk menginspirasi para wanita di luar sana termasuk aku," sebutnya. Baca: Legislatif Jateng Harapkan Perempuan Aktif Atasi Berbagai Persoalan Kebangsaan.

Untuk terus memperjuangkan cita-cita Kartini sebut Cecil, perempuan-perempua Indonesia tidak perlu minder atau takut bersaing dalam bidang apapun.

"Yang penting bagi saya harus punya semangat tinggi, berkarya dan berkontribusi untuk pekerjaan serta lingkungan sekitar yang positive dalam hidup," pungkasnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3002 seconds (0.1#10.140)