22 Rumah di KBB Terdampak Longsor dan Banjir Bandang, Warga Diungsikan ke Balai RW

Sabtu, 16 April 2022 - 11:51 WIB
loading...
22 Rumah di KBB Terdampak Longsor dan Banjir Bandang, Warga Diungsikan ke Balai RW
Petugas BPBD KBB berupaya melakukan pembersihan material longsoran yang menerjang salah satu rumah warga di Kampung Cilengkong, Desa Sukaresmi, Kecamatan Rongga, Sabtu (16/4/2022). Foto/Dok.BPBD
A A A
BANDUNG BARAT - Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ), Kabupaten Bandung Barat (KBB), mencatat ada sebanyak 22 rumah yang terdampak tanah longsor dan banjir bandang di Kampung Cilengkong, Desa Sukaresmi, Kecamatan Rongga.

"Berdasarkan assesment di lapangan, total ada 22 rumah yang terdampak dari bencana tanah longsor dan banjir bandang yang terjadi pada Kamis (14/4/2022) malam lalu," kata Kepala BPBD KBB, Duddy Prabowo, Sabtu (16/4/2022).



Menurutnya, dari total rumah yang terdampak itu ada sebanyak 10 rumah yang kondisinya mengalami rusak berat. Seperti adanya rumah yang dindingnya tertimpa material tanah dan rawan roboh, atau yang banjir lumpur masuk ke dalam rumah.

Mengingat kondisi rumahnya yang rawan dan hujan yang masih turun setiap hari, maka demi keamanan para penghuninya diungsikan sementara ke tempat aman. Sementara petugas berupaya membersihkan material longsoran dan mengevakuasi barang-barang yang masih bisa diselamatkan.

"Warga diungsikan ke balai RW dan rumah kerabatnya terdekat yang kondisinya lebih aman. Untuk keperluan mendesak saat ini yang dibutuhkan, seperti dapur umum, logistik, dan obat-obatan," sebutnya.

Selain merusak rumah warga dan menyebabkan satu anak hilang yang masih dicari, lanjut Duddy, bencana ini juga mengakibatkan lahan pertanian sawah dan perkebunan rusak. Total ada seluas 3 hektare lahan warga yang terdampak.

"Lahan pertanian warga banyak yang tertimbun material longsoran. Akses jalan desa juga tertutup longsor di beberapa titik dan hanya bisa dilalui pejalan kaki," ujarnya.

Seperti diketahui bencana tanah longsor dan banjir bandang melanda permukiman penduduk di Kampung Cilengkong, RT 01 dan 02 RW 17, Desa Sukaresmi, Kecamatan Rongga, KBB. Peristiwa yang terjadi pada Kamis (14/4/2022) malam itu dipicu hujan deras yang terjadi sebelumnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1158 seconds (0.1#10.140)