Otsus dan DOB Papua Didukung Masyarakat Adat Meepago dan Nusantara

Sabtu, 16 April 2022 - 03:21 WIB
loading...
Otsus dan DOB Papua Didukung Masyarakat Adat Meepago dan Nusantara
Warga turun ke jalan menggelar aksi dukungan pembentukan daerah otonomi baru (DOB) Papua Tengah di Mimika, Papua. Foto/Ist
A A A
MIMIKA - Keberhasilan Otonomi Khusus (Otsus) Papua dengan adanya pembentukan daerah otonomi baru (DOB) Papua Tengah mendapatkan dukungan dari warga Kabupaten Mimika, Papua. Masyarakat yakin pemekaran wilayah akan menyejahterakan warga Papua.

Hal tersebut terbukti dari ribuan warga yang turun ke jalan menggelar aksi dukungan pembentukan daerah otonomi baru (DOB) Papua Tengah.



Ada 18 perwakilan dari setiap suku di Timika yang menggelar deklarasi dukungan untuk Provinsi Papua Tengah pada Rabu (13/4/2022). Massa yang hadir dariMasyarakat AdatSeluruh Meepago danMasyarakat Nusantara di Mimika.

"Aksi turun ke jalan merupakan bentuk dukungan kepada Pemerintah atas terbentuknya DOB Papua Tengah dengan Ibu kotanya di Timika," ungkap Ketua Koordinator Aksi Deklarasi, Karel Kum dala keterangannya, Jumat (13/4/2022)

Diketahui massa bergerak sekitar pukul 09.00 WIT dari Kota Timika menuju ke Kantor Bupati Mimika. Setiap perwakilan dari suku/kerukunan kemudian memberikan penyataan deklarasi dukungan pembentukan Provinsi Papua Tengah.

Karel mengklaim, Suku Amungme bersama suku Kamoro menyatakan menerima Ibu Kota Provinsi Papua Tengah ditempatkan di Timika. Dia berharap semua pihak mendukung dan menerima rencana ini.



"Kami terima Provinsi Papua Tengah, di Timika harga mati. Siapapun yang menolak maka akan bertentangan dengan aturan," tegasnya.

Dukungan tersebut adalah salah satu upaya penyelesaian konflik di Papua secara bermartabat demi tercapainya Papua Damai.

Otsus Papua juga dipercaya dapat mendorong penyelesaian masalah Papua secara rekonsiliasi dan restitusi menuju Papua yang aman.

"Kami Mendukung implementasi UU Otsus Nomor 2 tahun 2021 dan rencana pemekaran DOB menuju Papua damai, aman dan sejahtera," tandasnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5283 seconds (0.1#10.140)