Cek Terminal, Dishub Kota Bandung Temukan Beberapa Bus Tak Laik Jalan

Jum'at, 15 April 2022 - 06:20 WIB
loading...
Cek Terminal, Dishub Kota Bandung Temukan Beberapa Bus Tak Laik Jalan
Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung menemukan beberapa bus tak laik jalan, terutama pada kelengkapan surat. Foto istimewa
A A A
BANDUNG - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung menemukan beberapa bus tak laik jalan, terutama pada kelengkapan surat. Dishub meminta agar perusahaan memperhatikan kelaikan bus, menghargai momen Lebaran 2022.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang Keselamatan dan Ketertiban Transportasi Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, Asep Kuswara mengatakan, masih banyak bus yang belum memenuhi kelengkapan surat-surat. Baca Juga: Beranda Ekonomi Bisnis Sektor Riil Aturan Teknis Taksi Online Mulai Dibuat Dishub Jabar



"Laik operasi itu dilihat dari kelengkapan surat-surat, mulai dari STNK, SIM, kartu pengawasan atau trayek, dan semuanya ada 11 item, harus dipenuhi semua," ujar Asep usai mengecek Terminal Cicaheum, Kamis (14/4/2022).

Pemeriksaan laik jalan dan operasi ini dilakukan pada bus kecil dan besar. Asep menuturkan, untuk seluruh bus yang terdeteksi tak laik jalan dan operasi akan ditahan izin jalannya.

"Walaupun ada bus yang dinyatakan laik operasi, tapi kalau persyaratan laik jalannya tidak memenuhi juga akan kami tahan. Kami akan berikan peringatan," ujarnya.

Selain itu, dia mengaku, salah satu tantangan yang harus diantisipasi adalah pengangkutan penumpang di luar terminal. Untuk mencegah hal ini terjadi, pihak Dishub akan berkolaborasi dengan Polrestabes Bandung melakukan pemantauan di setiap titik pos.

"Semua bus yang dipastikan menaikkan penumpang di luar terminal akan menyebabkan tidak terkontrolnya kelengkapan vaksinasi penumpang yang naik. Makanya kami berkolaborasi dengan kepolisian untuk memantau di pos-pos kalau seandainya ada penumpang yang naik di luar terminal," ungkapnya.

Untuk kendaraan besar seperti cepat dan terbatas (patas), dia menambahkan, akan disediakan pos yang sudah dilengkapi kode peduli lindungi."Jadi, misalnya bus Budiman, itu ada pul naiknya di Cibiru, di sana kita lakukan pemantauan. Kami fokus pada dua hal, yaitu keselamatan dan kesehatan," imbuh Asep.

Ada dua lokasi yang akan dilakukan pengetatan pantauan, yakni di Cibiru dan Pasir Koja sebagai gerbang masuk dan keluar Kota Bandung.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1463 seconds (0.1#10.140)