Kembali Raih WTP dari BPK, Ketua DPRD Kendal Ajak Pemkab Kendal Tingkatkan Kinerja

Selasa, 12 April 2022 - 09:36 WIB
loading...
Kembali Raih WTP dari BPK, Ketua DPRD Kendal Ajak Pemkab Kendal Tingkatkan Kinerja
Ketua DPRD Kendal Muhammad Makmun mengatakan, keberhasilan Pemkab Kendal memperoleh Opini WTP atas LKPD tahun anggaran 2021, menjadi capaian yang membanggakan.
A A A
SEMARANG - Ketua DPRD Kendal Muhammad Makmun mengatakan, keberhasilan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2021, menjadi capaian yang membanggakan.

Namun demikian, dengan prestasi tersebut menjadi motivasi bagi pemerintah daerah untuk meningkatkan kinerjanya di masa mendatang.

Menurut Makmun, predikat WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tidak lepas dari sinergitas antara legislatif dan eksekutif sebagai bagian tak terpisahkan dari penyelenggara pemerintahan di Kabupaten Kendal.

Dengan predikat tersebut, kata Makmun, baik legislatif maupun eksekutif dinilai telah mampu menjalankan tugas dan tanggungjawabnya dengan baik.

"Dengan memperoleh opini WTP bukan berarti LKPD sudah sempurna dan tidak ada permasalahan. Masih ada rekomendasi yang diberikan BPK RI untuk catatan perbaikan. Hanya saja catatan itu bersifat minor dan tidak signifikan," ujarnya.

Makmun mengatakan bahwa Opini WTP untuk keenam kalinya ini jadi capaian yang membanggakan. "Tapi harus kita akui bahwa masih banyak PR yang perlu dibenahi dalam rangka mewujudkan amanat reformasi birokrasi di Kabupaten Kendal," kata Ketua Dewan, Senin (11/4/2022).

Diberitakan, Pemkab Kendal kembali memperoleh opini WTP dari BPK atas LKPD tahun anggaran 2021. Predikat ini merupakan yang keenam kalinya disandang Pemkab Kendal sejak LKPD TA 2016 hingga yang terbaru tahun 2021.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto menyampaikan, terdapat perbedaan pada penerimaan predikat WTP tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya. Di mana, pada tahun ini Pemkab Kendal melakukan terobosan dan inovasi, dengan menjadi daerah yang pertama melaporkan LKPD 2021.

“Ini menunjukkan bahwa kita sangat serius dalam melaksanakan administrasi di Pemerintah Kabupaten Kendal, dan belajar membiasakan diri untuk mengerjakan dengan secepat-cepatnya,” tutur Dico pada penyerahan predikat WTP di Aula Gedung BPK RI Perwakilan Jawa Tengah, Jumat (8/4/2022).

Pada kesempatan itu, Bupati Dico tidak lupa menyampaikan terima kasih kepada BPK RI Perwakilan Jawa Tengah, yang telah memberikan saran dan masukan. “Insya Allah, Pemkab Kendal ke depan akan lebih maju dan lebih baik lagi,” katanya.

Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas LKPD Pemkab Kendal tahun anggaran 2021 diserahkan secara langsung oleh Kepala Perwakilan BPK Provinsi Jawa Tengah Ayub Amali kepada Ketua DPRD Kendal dan Bupati Kendal. Turut hadir Pj Sekda Sugiono, Kepala Bakeuda Agus Dwi Lestari dan Kepala Inspektorat Kabupaten Kendal Sugeng Prayitno. CM
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0849 seconds (0.1#10.140)