Malaysia Klaim Reog sebagai Warisan Budaya ke UNESCO, Seniman Ponorogo Meradang

Rabu, 06 April 2022 - 17:05 WIB
loading...
Malaysia Klaim Reog sebagai Warisan Budaya ke UNESCO, Seniman Ponorogo Meradang
Salah seorang seniman memainkan reog Ponorogo di tangannya. Sejumlah seniman di daerah ini meradang akibat upaya klaim Malaysia atas reog ke UNESCO. Foto: iNewsTV/Ahmad Subekhi
A A A
PONOROGO - Malaysia kembali berulah dengan mengklaim kesenian asli Indonesia sebagai warisan budaya ke UNESCO.

Kali ini, Malaysia mengklaim kesenian reog yang diberi nama barongan. Hal itu diketahui saat Indonesia mengajukan reog sebagai warisan budaya tak benda ke UNESCO.

Ternyata, Malaysia juga mengajukan kesenian serupa ke UNESCO, ulah Malaysia ini dikecamn oleh seniman reog Ponorogo.

Malaysia Klaim Reog sebagai Warisan Budaya ke UNESCO, Seniman Ponorogo Meradang



Adanya klaim kesenian reog oleh Malaysia disampaikan oleh Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhajir Efendi. Bahkan kini reog versi Malaysia juga didaftarkan sebagai warisan budaya tak benda ke UNESCO.

Kabar klaim reog oleh Malaysia ini membuat seniman reog Ponorogo geram, sebab tahun 2008, Malaysia juga pernah melakukan hal yang sama meng klaim kesenian reog milik Malaysia.



Kesenian itu adalah kesenian barongan Malaysia yang bentuk fisik dan gerakan tarinya persis dengan kesenian reog. Klaim Malaysia tahun 2008 memicu aksi besar di daerah hingga di kedutaan besar Malaysia.

Ternyata malaysia kembali berulah lagi dengan tema yang sama bahkan mengajukan kesenian barongan atau reog Malaysia ke UNESCO.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1803 seconds (0.1#10.140)