Diskoperindag Diminta Segera Tuntaskan Dualisme Kepengurusan Koperasi Citra Hanau

Jum'at, 01 April 2022 - 08:59 WIB
loading...
Diskoperindag Diminta Segera Tuntaskan Dualisme Kepengurusan Koperasi Citra Hanau
Anggota DPRD Seruyan Arahman meminta kepada pemerintah daerah melalui Diskoperindag setempat agar masalah dualisme kepengurusan di Koperasi Citra Hanau segera diselesaikan. iNews TV/Sigit
A A A
SERUYAN - Anggota DPRD Seruyan Arahman meminta kepada pemerintah daerah melalui Diskoperindag setempat agar masalah dualisme kepengurusan di Koperasi Citra Hanau segera diselesaikan.

Koperasi tersebut dalam kurun waktu enam sampai tujuh tahun belakangan masih belum melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT). Maka secara Anggaran Dasar (AD) yang memimpin rapat tersebut adalah anggota, bukan ketua. Karena ketua koperasi sudah berakhir masa jabatannya.

"Sehingga kamarin itu saya yang ditunjuk oleh anggota koperasi untuk memimpin. Tanggal 26 Desember 2021 itu dilaksanakan lah RAT dengan agenda penyampaian pertanggungjawaban dan pemilihan pengurus baru. Jadi saat itu kuorum sudah tercapai dan pengurus barupun sudah terpilih secara demokrasi,"katanya, Senin (1/4/2022).

"Tetapi selang beberapa waktu saya tidak begitu memahami, ternyata ada pengurus baru juga yang muncul dengan membagikan selebaran tanda tangan ke anggota dari rumah ke rumah," tambahnya.

Saat itu, sebagian anggota juga tidak memahami mengenai selebaran yang minta ditandatangani itu ternyata adalah untuk meminta pergantian atau penunjukan pengurus. "Sehingga mereka sebagian besar menandatangani selebaran tersebut," ujarnya.

Kemudian pada tanggal 27 Desember 2021 nama-nama mereka sudah keluar di Dirjen Administrasi Hukum Negara. "Jadi terdaftar di sana, saya juga bingung bagaimana mereka membuat akta notarisnya. Lalu di dalamnya juga kemungkinan ada hal-hal yang tidak sesuai dengan aturan,"sebutnya.

"Karena saya lihat dari duplikat notaris itu diadakan RAT di bawah tangan. Sedangkan dalam AD Koperasi itukan sudah jelas bahwa RAT itu harus dilaksanakan secara resmi," sebutnya lagi. Baca: Pohon Tumbang Tutup Jalur Jember-Bondowoso, Pengendara Terjebak Macet 2 Jam.

Ia meminta agar masalah ini jangan sampai dibiarkan berlarut-larut karena dikhawatirkan akan malah menimbulkan masalah yang lainnya. "Ini jangan sampai kita biarkan berlarut-larut. Kita tidak ingin cara-cara atau masalah yang ada di Koperasi Citra Hanau itu juga dilakukan oleh koperasi-koperasi lainnya yang ada di Kabupaten Seruyan ini," terangnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, kalau cara-cara tersebut dilegalkan, maka dikhawatirkan hanya akan menjadi contoh bagi koperasi lainnya untuk melakukan hal yang sama. "Kalau itu sampai terjadi, maka ini sangat tidak baik bagi perkembangan koperasi kita yang ada di Seruyan ini," pungkasnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1686 seconds (0.1#10.140)