Dubes-Delegasi Rumania Kunjungi Ubud, Putu Rudana: Perkuat Hubungan Melalui Seni Budaya

Kamis, 31 Maret 2022 - 19:15 WIB
loading...
Dubes-Delegasi Rumania Kunjungi Ubud, Putu Rudana: Perkuat Hubungan Melalui Seni Budaya
Wakil Ketua BKSAP DPR RI Putu Supadma Rudana menerima kunjungan Dubes Rumania Dan Adrian Balanescu dan delegasi Stefan Musoiu dan Laura Iuliana di Ubud, Bali, Kamis (31/3/2022). Foto/Ist
A A A
GIANYAR - Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Putu Supadma Rudana menerima kunjungan Duta Besar (Dubes) Rumania untuk Indonesia, Dan Adrian Balanescu di Ubud, Bali, Kamis (31/3/2022). Dubes datang beserta delegasi Rumania, Stefan Musoiu dan Laura Iuliana.

Kunjungan ini adalah kunjungan balasan dari Parlemen Rumania setelah pada Oktober tahun lalu BKSAP DPR RI melakukan kunjungan ke Rumania.



"Setelah kedatangan Presiden IPU minggu lalu ke Ubud. Dari Jakarta, hari ini saya mengajak mereka untuk melihat, memperkenalkan dan menikmati wisata di Bali. Saya berharap kedepan, Bali akan penuh kembali dengan para wisatawan asing agar ekonomi masyarakat pulih kembali," ujar Putu.

Dalam kunjungan tersebut, dia mengajak delegasi dan dubes Rumania berkeliling Ubud untuk melihat seni budaya Bali dari tarian, ukiran patung, dan seni lukis.

Di antaranya ke Desa BatuBulan yang terkenal dengan ukiran patung batu padas. Stefan dan Laura terlihat sangat takjub dengan indahnya ukiran khas Bali. Mereka begitu mengagumi patung garuda wisnu kencana serta ukiran relief yang menghadirkan tema pewayangan. Mereka-pun langsung membeli oleh-oleh ukiran patung dari Bali untuk dibawa ke Rumania.

Destinasi kedua, politisi dari Fraksi Demokrat ini mengajak untuk melihat tarian tradisional Bali di Desa Peliatan. Kedua delegasi tersebut sangat terpesona melihat tarian Puspa Mekar, Legong Lasem dance dan Barong dance.

Bahkan, Stefan dikenakan udeng (ikat kepala) dan Laura dikenakan kain selendang oleh maestro bali dalam bidang seni budaya, Anak Agung Gede Oka Dalem.

"Seni tariannya begitu luar biasa dan gerakan mereka begitu indah. Dan saya terlihat lebih keren memakai ikat kepala ini (udeng). Terima kasih untuk sahabat saya, Putu Rudana," ujar Stefan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 4.0019 seconds (0.1#10.140)