Hadiri Pelantikan Pengurus DPC HKTI Jatim, Ini Pesan Moeldoko

Selasa, 22 Maret 2022 - 23:10 WIB
loading...
Hadiri Pelantikan Pengurus DPC HKTI Jatim, Ini Pesan Moeldoko
Ketua Umum DPP HKTI Moeldoko bersama Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawasna mengunjungi sejumlah stan produk pertanian dari anggota HKTI Jatim di Gedung Negara Grahadi. Foto: SINDOnews/Lukman Hakim
A A A
SURABAYA - Ketua Umum DPP Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Moeldoko meminta pengurus di Jawa Timur ( Jatim ) membantu pemerintah dalam menekan harga cabai rawit yang selama ini tidak stabil.

Moeldoko menilai, tidak sulit bagi pengurus HKTI untuk menekankan agar tiap warga di rumahnya masing-masing menanam cabai rawit. Apalagi cabai bisa ditanam di polybag. Dia mengaku di rumahnya di Menteng, Jakarta, sampai sekarang masih menanam cabai rawit.

Baca juga: Jelang Ramadhan, Moeldoko Ziarah ke Makam Bung Tomo dan Orang Tua

"Kami juga mendorong agar pengurus DPC maupun DPD HKTI di Jatim dapat membantu pemerintah daerah, khususnya dalam mengentas kemiskinan," katanya saat menghadiri pelantikan DPC dan pembukaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) HKTI Jatim di Gedung Negara Grahadi, Selasa malam (22/3/2022).



Kepala Staf Kepresidenan itu mengimbau agar anggota HKTI memposisikan diri sebagai partner strategis bagi pemerintah pusat maupun daerah. HKTI, kata dia, siap membangun kolaborasi besar bersama semua pihak dan menjadi strategic partner. Bekerja bersama dengan kepala dinas pertanian, peternakan, perkebunan, dan seterusnya. "Kita punya semangat untuk membangun. Kami hadir untuk memberikan harapan baru bagi para petani,” tegasnya.

Sementara itu, dalam kegiatan ini, DPD HKTI Jatim melantik 15 Ketua DPC. Pelantikan ini mengacu SK Nomor 01-014 DPD HKTI Jatim/SK/III/Tahun 2022 tentang Pengangkatan Pengurus Cabang HKTI Kabupaten/Kota se-Jatim Masa Bakti 2021-2026.

Baca juga: Ritual Tolak Hujan di Kolam Keramat Mpu Supo Berujung Maut, Ibu dan Anak Tewas Hirup Gas Beracun


Ketua DPD HKTI Jatim, Ony Anwar Harsono menyatakan, pihaknya akan melakukan konsolidasi organisasi dan melaksanakan program kerja. Pihaknya juga akan menyokong perekonomian di bidang pertanian dan pangan. “Kami bersama seluruh jajarannya di daerah siap bersama pemerintah mewujudkan ketahanan pangan sekaligus mewujudkan kesejahteraan ekonomi petani,” katanya.

Sekretaris DPD HKTI Jatim Warsito menambahkan, dalam kegiatan ini juga digelar Rakerda I Tahun 2022 dalam rangka menginput pemikiran maupun aspirasi masing-masing DPC sebagai rumusan program HKTI ke depan.

“Forum Rakerda bagian upaya kita melaksanakan penguatan struktural organisasi HKTI dalam upaya membangun peran konkret pembangunan pertanian di Jawa Timur,” katanya.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1820 seconds (0.1#10.140)