alexametrics

Jatuh di Permukiman Warga, TNI AU Evakuasi Pesawat Tempur

loading...
Jatuh di Permukiman Warga, TNI AU Evakuasi Pesawat Tempur
Anggota TNI AU tengah menjaga badan pesawat yang tengah dievakuasi oleh truk. Foto/Banda Haruddin Tanjung
A+ A-
PEKANBARU - Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin melakukan evakuasi bangkai pesawat Hawk 100/200 yang jatuh menimpa rumah warga di Desa Pandau Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar, Riau. Evakuasi menggunakan alat berat crane.

Prosespengangkatan badan pesawat tempur yang terbelah jadi dua bagian besar itu dimulai pukul 16.00 WIB. Bangkai pesawat yang ditutup terpal berwarna biru dari puing reruntuhan ke truk memakan waktu sekitar satu jam. Setelah selesai dan diikat, truk bergerak meninggalkan lokasi di Perumahan Mutiara Sialang Indah Desa Pandau Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar, Riau.

Truk bergerak meninggalkan pemukiman padat penduduk menuju Pangkalan Udara Lanud Roesmin Nurjadin. Selama proses evakuasi bangkai pesawat mendapat pengawalan ketat dari TNI AU. (Baca juga: Tunggu Investigasi, Pesawat Tempur yang Jatuh Belum Dievakuasi)



"Malam ini pesawat yang jatuh sudah sampai di Lanud," ucap Komandan Pangkalan Udara Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru Marsekal Pertama Ronny Moningka kepada Selasa (16/6/2020).

Ronny mengatakan, TNI AU akan menyelidiki apa penyebab mesin pesawat tempur itu kehilangan tenaga dan akhirnya jatuh. "Proses penyelidikan masih berlangsung," imbuh pucuk pimpinan nomor satu di TNI AU di Riau ini.

Dalam musibah ini dua rumah warga rusak tertimpa pesawat dan satu rumah jebol dihantam kursi pelontar pesawat tempur tersebut. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. (Baca juga: Pesawat TNI Jatuh di Riau, Peremajaan Alutsista Mendesak Dilakukan)
(mhd)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak