alexametrics

Madya desak bentuk tim ivestigasi kasus Sonobudoyo

loading...
Madya desak bentuk tim ivestigasi kasus Sonobudoyo
Ilustrasi (istimewa)
A+ A-
Sindonews.com - Hingga kini kasus pencurian emas yang menjadi masterpiece dimusium Sonobudoyo Yogyakarta sudah memasuki tahun ketiga. Namun hingga kini, polisi belum berhasil mengungkap kasus pencurian tersebut.

Rekomendasi hasil survei Masyarakat Advokasi Warisan Budaya (Madya) Yogyakarta menyebutkan, pembentukan tim khusus untuk mendorong penilaian adanya kemandegan penanganan kasus pencurian yang terjadi Agustus 2010 tersebut.

Masyarakat berpersepsi penanganan kasus tersebut oleh Pemda DIY dan kepolisian sangat lamban. Bahkan kasus tersebut dinilai belum menjadi prioritas kepolisian.



"Evaluasi masyarakat perlu menjadi dorongan lembaga terkait dan rekomendasi akan perlunya dibentuk tim investigasi independen. Karena ini diindikasikan bukan kasus yang pertama terjadi," ujar Koordinator Divisi Penelitian dan Pengembangan Madya, Anton B. Prasetyo di musium Sonobudoyo Yogyakarta, Selasa (12/2/2013).

Menurutnya, berdasarkan hasil survei persepsi masyarakat DIY terhadap penanganan kasus pencurian di museum Sonobudoyo, diketahui 58,8 persen bersikap prihatin terhadap kasus ini. Survei sendiri dilakukan pada 1.000 responden sejak 1-17 Agustus 2010.

"Pandangan negatif masyarakat terhadap upaya penuntasan kasus pencurian, menunjukkan ketidakseriusan pemerintah telah menjadi soritan publik. Dimana 30 persen responden tidak puas sama sekali dan 55 persen kurang puas," tandasnya.
(ysw)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak