Kukuhkan FSPP, Bupati Serang: Ulama dan Ustad Berperan Penting dalam Pendidikan

Kamis, 17 Maret 2022 - 10:34 WIB
loading...
Kukuhkan FSPP, Bupati Serang: Ulama dan Ustad Berperan Penting dalam Pendidikan
Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menegaskan, para ulama dan ustad memiliki peran yang cukup vital dalam pendidikan karakter dan akhlak kepada masyarakat. Foto SINDOnews
A A A
SERANG - Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menegaskan, para ulama dan ustad memiliki peran yang cukup vital dalam pendidikan karakter dan akhlak kepada masyarakat. Apalagi di tengah era digitalisasi, pendidikan akhlak menjadi fondasi agar generasi bangsa tidak terjerumus pada keburukan.

“Para ulama dan ustad yang memiliki pondok pesantren, memiliki peranan penting dalam bidang pendidikan. Di era globalisasi dan semua gadget di tangan anak-anak, semua informasi bisa masuk. Kalau tidak dibekali dengan akidah dan agama yang baik, akan membahayakan masa depan mereka,” ujar Ratu Tatu saat memberikan sambutan pada Pengukuhan Forum Silaturahmi Pondok Pesantren (FSPP) Kabupaten Serang di Tennis Indoor Pemkab Serang, Rabu (16/3/2022).



Menurut Tatu, Pemkab Serang butuh sinergi dari para pimpinan pondok pesantren, dan menyelaraskan program pendidikan. Ia pun berkomitmen tidak membedakan pendidikan formal maupun pondok pesantren.

Ia pun meminta para pimpinan pondok pesantren membekali para santri dengan ilmu pengetahuan umum dan pemberdayaan ekonomi. “Bagaimana pun, para santri nanti akan berumah tangga, secara agama harus kuat dan ekonomi juga kuat. Dan pemberdayaan ekonomi harus masuk ke pondok pesantren,” ujarnya.

Oleh karena itu, Tatu minta pimpinan pondok pesantren mengajukan program pemberdayaan ekonomi pesantren. Sejumlah program Pemkab Serang bisa diturunkan ke pondok pesantren. Mulai dari program perikanan, peternakan, pertanian, dan perkebunan. “Soal program ini, kita bisa duduk bersama,” ujarnya.

Sejak memimpin Pemkab Serang, Tatu berkomitmen membantu sarana prasarana pondok pesantren. Setiap tahun, dialokasikan program rehabilitasi pondok pesantren. “Dengan keterbatasan anggaran, ada 20 pondok pesantren yang dibantu rehabilitasinya setiap tahun. Bergantian dengan prioritas yang harus terbantu,” ujarnya.

Ketua Presedium FSPP Kabupaten Serang Ustad Faturrahman mengatakan, secara pribadi Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah sangat membantu proses pembangunan Gedung FSPP Kabupaten Serang. “Tahun ini pun, FSPP mendapatkan hibah dari Pemkab Serang,” ungkapnya.

Ia berkomitmen bersinergi baik dengan Pemkab Serang. Ia pun sepakat untuk mencerdaskan anak bangsa diperlukan kerja sama antara Pemkab Serang dengan kalangan pondok pesantren.

“Tugas mencerdaskan anak bangsa, bukan hanya tugas aparatur sipil negara, tetapi oleh kita semua, termasuk para pimpinan pondok pesantren. Kita akan terus jalankan pengajian rutin, dan pengajian-pengajian di tingkat kecamatan serta desa juga berjalan,” ujarnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8953 seconds (0.1#10.140)