Cegah Penyebaran Paham Radikal Terorisme, BNPT Gelar Silaturahmi di Pemalang

Rabu, 16 Maret 2022 - 22:26 WIB
loading...
Cegah Penyebaran Paham Radikal Terorisme, BNPT Gelar Silaturahmi di Pemalang
BNPT menggelar silahturahmi dan dialog kebangsaan di Kantor Bupati Pemalang, Jawa Tengah, Selasa (15/3/2022). Foto/Ist
A A A
PEMALANG - Penguatan wawasan kebangsaan perlu terus dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada seluruh elemen masyarakat mengenai bahaya radikalisme dan terorisme.

Hal tersebut dikatakan Deputi I bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Mayjen TNI Nisan Setiadi saat silahturahmi dan dialog kebangsaan di Kantor Bupati Pemalang, Selasa (15/3/2022).

Baca juga: Peran Masyarakat Penting dalam Deteksi Dini Radikalisme

"Salah satu cara BNPT untuk membangun sinergi, koordinasi dan kolaborasi dengan berbagai pihak terutama pemerintah daerah dalam memperkuat wawasan kebangsaan dan ketahanan nasional, yakni dengan silaturahmi dan dialog kebangsaan ini," ungkap Nisan Setiadi.

Silaturahmi dilakukan bersama Forkopimda, tokoh adat, agama, masyarakat serta civitas academica dan pelajar dalam rangka menangkal paham radikal terorisme untuk Indonesia damai, aman dan sejahtera.

Dia menambahkan, upaya penanggulangan intoleransi, radikalisme dan terorisme harus dibangun dengan kekuatan bersama dengan konsep penanggulangan yang bersifat pentahelix. Di mana semua elemen seperti pemerintah, komunitas, akademisi, pengusaha dan media harus bersinergi dan berkolaborasi dalam menanggulangi problem ini secara bersama-sama.

"Pemerintah dalam hal ini BNPT sebagai leading sector penanggulangan terorisme mengkoordinasikan kementerian dan lembaga serta membuat kebijakan dan melaksanakan program dalam rangka penanggulangan terorisme yang bersifat semesta," kata alumni Akmil 1988 ini.

Baca juga: Puluhan Ribu Konten Radikalisme Terorisme Telah Diblokir

Ajang silaturahmi dan dialog kebangsaan seperti ini menurutnya tentu saja bertujuan penting untuk membangun kolaborasi dan sinergi berbagai elemen dalam upaya penanggulangan radikalisme dan terorisme.

"Pertemuan yang sangat berharga kali ini merupakan bentuk kolaborasi dan sinegri antara pemerintah pusat dan daerah. Hal ini untuk memperkuat wawasan kebangsaan dan ketahanan nasional kita agar tercipta daya tangkal masyarakat khususnya di Kabupaten Pemalang dalam rangka menanggulangi permasahalan intoleransi, radikalisme dan terorisme," tutur Nisan.

Mantan Komandan Pusat Kesenjataan Artileri Pertahanan Udara (Danpussenarhanud) Kodiklatad ini berharap dengan diadakannya silaturahmi dan dialog ini, Pemerintah Kabupaten Pemalang dapat membentuk kelompok satuan tugas atau forum koordinasi yang menangani terkait pencegahan intoleransi, radikalisme dan terorisme.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2633 seconds (11.252#12.26)