Hasilkan 7,2 Ton Per Hektare, Bupati Hamim: Padi Varietas Cakrabuana Hanya 80 Hari Bisa Panen

Rabu, 16 Maret 2022 - 14:30 WIB
loading...
Hasilkan 7,2 Ton Per Hektare, Bupati Hamim: Padi Varietas Cakrabuana Hanya 80 Hari Bisa Panen
Bupati Bone Bolango Hamim Pou bersama BPTP Gorontalo melakukan panen bersama Balitbangtan Cakrabuana dan Bioni Ciherang produksi benih padi varietas unggul baru , Rabu (16/3/2022).
A A A
SUWAWA - Bupati Bone Bolango Hamim Pou bersama Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Gorontalo melakukan panen bersama Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Cakrabuana dan Bioni Ciherang produksi benih padi varietas unggul baru (VUB) di lahan persawahan padi di Desa Iloheluma, Kecamatan Tilongkabila, Bone Bolango, Rabu (16/3/2022).

“Hari ini saya melakukan panen padi varietas Cakrabuana atau Popiler di kalangan para petani kita disebut varietas tentara. Ini usianya hanya 80 hari sudah bisa di panen dan hasil ubinannya sekitar 7,2 ton per hektare,” kata Bupati Hamim usai melakukan panen.

Orang nomor wahid di Bone Bolango ini mengatakan bahwa para petani di wilayahnya menggunakan varietas ini. "Sangat luar biasa. Apalagi kita ini tidak punya areal persawahan yang luas," ujarnya.

Menurut Hamim, Bone Bolango saja tidak cukup 3.000 ribu hektar lahan persawahannya, tapi kabupaten yang dipimpinnya punya kekuatan BPTP di sini, ada irigasi sekunder dan tersier. "Bahkan kami punya irigasi utama di Gorontalo, yakni Irigasi Lomaya dan Irigasi Alale."

Ia pun berharap para petani bisa mencoba varietas cakrabuana ini. Tentu di bawah bimbingan para penyuluh, BPTP, juga dibantu oleh TNI untuk memulai kita menanam varietas padi baru ini. Hasilnya panennya luar biasa, empat kali musim tanam dan empat kali panen dalam setahun.

”Itu artinya bisa meningkatkan kesejahteraan petani padi yang ada di Gorontalo,” pungkas Hamim.CM
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1084 seconds (0.1#10.140)