Indahnya Bukit Kubau, Wisata di Atas Awan Milik Lamandau Kalteng

Selasa, 15 Maret 2022 - 09:33 WIB
loading...
Indahnya Bukit Kubau, Wisata di Atas Awan Milik Lamandau Kalteng
Kabupaten Lamandau Kalteng memiliki destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Di antaranya adalah wisata di atas awan yang dikenal dengan nama Bukit Kubau. iNews TV/Sigit
A A A
LAMANDAU - Kabupaten Lamandau Kalteng memiliki destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Di antaranya adalah wisata di atas awan yang dikenal dengan nama Bukit Kubau.

Bukit Kubau terletak di Desa Lubuk Hiju, Kecamatan Menthobi Raya, Kabupaten Lamandau. Keindahan alam dan keunikan budaya salah satu desa asli masyarakat Dayak Tomun itu mulai dinikmati oleh wisatawan dan para pelancong dari luar daerah.

Bahkan sudah masuk dalam program acara salah satu televisi nasional. Baru-baru ini, tim program televisi swasta berkunjung ke desa Lubuk Hiju dan membuat konten program acara di tempat wisata Bukit Kubau. Proses pembuatan konten acara televisi itu juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Lamandau, Meigo didampingi stafnya yang turut serta mendaki bukit nan indah dengan ketinggian kurang lebih 700 m dari permukaan laut itu.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kubau Mandang desa Lubuk Hiju, Salomo, membenarkan bahwa wisata bukit Kubau sudah semakin diminati oleh masyarakat hingga luar daerah Kabupaten Lamandau.

“Kami bersyukur, wisata bukit kubau sudah makin dikenal masyarakat luas. Tidak hanya warga Lamandau dan sekitarnya, namun para pembuat konten video sudah beberapa kali datang untuk mengeksplore keindahan alam dan budaya desa kami, beberapa hari lalu tim metro tv membuat konten acara dan telang tayang di televisi pada Sabtu 26 September kemarin ,” ungkapnya saat dibincangi MNC Media pekan lalu.

Menurutnya, pembentukan wisata Bukit Kubau berawal dari ide dan masukan dari masyarakat setempat yang ditanggapi serius oleh pemerintah desa. Sehingga diharapkan keberadaan wisata tersebut nantinya dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat setempat.

“Wisata Bukit Kubau sudah ada sejak dulu, namun pengelolaan yang serius baru kita mulai dari beberapa tahun terakhir. Hal itu tak lepas dari peran dan dukungan dari Pemkab Lamandau melalui Dinas Pariwisata, masyarakat desa serta dunia usaha yang ada di sekitar," katanya.

Salomo yang juga merupakan sekretaris Desa Lubuk Hiju meneruskan, hal terpenting yang perlu dilakukan dalam memulai pengelolaan potensi wisata di desanya adalah memberikan pemahaman kepada warga akan pentingnya kerjasama dan kesamaan visi dan misi antara pemerintah desa, Pokdarwis serta peran serta dan dukungan masyarakat. Baca: Sepekan Bebas Karantina, 2.353 Wisman Datang ke Bali.

“Salah satu tantangannya saat memulai pengelolaan wisata adalah memberikan pemahaman kepada warga kami, kami menyadari bahwa itu tidak mudah, namun berkat kegigihan dan kesabaran, puji syukur saat ini masyarakat sudah mendukung penuh pengelolaan wisata Bukit Kubau,” sebutnya.

Dirinya berharap, kedepan Wisata alam Bukit Kubau desa Lubuk Hiju dapat terus ditingkatkan dari semua aspek baik fasilitas, akses jalan dan kesiapan masyarakat menerima kunjungan wisatawan serta dapat menjadi salah satu destinasi unggulan di Kabupaten Lamandau. "Sehingga dapat menarik minat wisatawan untuk datang dan menikmati keindahan alam Bukit Kubau Bumi Bahaum Bakuba," pungkasnya.
(nag)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1612 seconds (10.177#12.26)