Wagub Emil Minta Pemuda Ansor Ikut Berperan Meminimalisir Ketimpangan Ekonomi

Senin, 14 Maret 2022 - 07:00 WIB
loading...
Wagub Emil Minta Pemuda Ansor Ikut Berperan Meminimalisir Ketimpangan Ekonomi
Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak saat menyampaikan Orasi Ilmiah Kepemudaan di hadapan pemuda Majelis Dzikir dan Sholawat (MDS) Rijalul Ansor di Kabupaten Madiun. Foto/ist
A A A
MADIUN - Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) Emil Elestianto Dardak meminta pemuda Ansor bisa ikut berperan meminimalisir ketimpangan ekonomi Jatim maupun di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Emil saat menyampaikan Orasi Ilmiah Kepemudaan di hadapan pemuda Majelis Dzikir dan Sholawat (MDS) Rijalul Ansor di Pondok Pesantren Salafiyah Subulul Huda, Kebonsari, Kabupaten Madiun, Minggu (13/3/2022).

Baca juga: Kisah Mbah Wahab Negosiasi Malaikat Izrail agar Diwafatkan Usai LPJ Muktamar NU

Menurut Emil, memang terdapat ketimpangan ekonomi di Jatim yang masih dapat terkontrol. Meski begitu, ia mengatakan bahwa tetap dibutuhkan langkah-langkah maupun personil yang dapat mengurangi ketimpangan tersebut.

"Kalau di Jatim, kita menjaga agar ketimpangan ini tetap berada di 3,54 persen. Tapi jika ketimpangan ini terus terjadi, keadaan bisa chaos. Mengingat Ansor adalah salah satu ormas Islam terbesar dunia. Maka, saya harap bisa menjadi bagian dalam meminimalisir ketimpangan ekonomi yang ada," katanya.

Salah satu hal yang bisa dilakukan, terang Emil, adalah dengan memajukan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang ada. Terutama karena sekarang ini Indonesia maupun Jatim memiliki bonus demografi yang bisa dimanfaatkan. Sebab, jika hanya mengandalkan sumber daya alam saja, Indonesia akan terjebak dalam perangkap negara berpendapatan menengah.

"Indonesia sekarang ini memiliki penduduk usia produktif sebanyak 70,72 persen menurut sensus tahun 2020. Sedangkan Jatim punya 69,6 persen. Ini harus kita manfaatkan," ujarnya.

Untuk itu, Emil menjelaskan, Jatim sedang menyasar prioritas pengembangan SDM dengan menyiapkan calon lulusan, menyerap lulusan muda, juga menyiapkan daya saing angkatan kerja. Kesemuanya dilakukan demi mewujudkan Jatim Cerdas dan Jatim Kerja.

"Salah satu yang sedang kami usahakan adalah perkembangan gig economy. Makanya sekarang Pemerintah Provinsi sudah punya Milenial Job Center dan inovasi seperti EJSC (East Java Super Corridor)," tuturnya.

Mantan Bupati Trenggalek itu berharap agar pemuda Ansor dapat menguasai tantangan di dunia yang baru. Sebab, estafet kepemimpinan Indonesia ada di tangan anak-anak milenial.

"Sekarang ini, pemimpin dunia sudah semakin muda. Seperti Perdana Menteri New Zealand dan Presiden Perancis yang dilantik sebelum berumur 40 tahun. Jadi sekarang saatnya pemuda Indonesia, termasuk di dalamnya pemuda Ansor, untuk turut serta dalam proses kepemimpinan," tutupnya
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1240 seconds (0.1#10.140)