Laju Pertumbuhan Ekonomi Wajo Tertinggi Ketiga di Sulsel

Kamis, 10 Maret 2022 - 18:57 WIB
loading...
Laju Pertumbuhan Ekonomi Wajo Tertinggi Ketiga di Sulsel
Di bawah kepemimpinan Amran Mahmud, daerah berjuluk Bumi Lamadukelleng itu masuk tiga besar kabupaten dengan laju pertumbuhan ekonomi tertinggi di Provinsi Sulsel. Foto: SINDOnews/Reza Pahlevi
A A A
WAJO - Pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Wajo menunjukkan progres yang baik. Di bawah kepemimpinan Amran Mahmud , daerah berjuluk Bumi Lamadukelleng itu masuk tiga besar kabupaten dengan laju pertumbuhan ekonomi tertinggi di Provinsi Sulsel.

Bupati Amran menyebut berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan ekonomi di Wajo pada 2021 berada di posisi tiga besar yakni menembus 6,77%.

Sedangkan untuk kabupaten dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi pertama ditempati oleh Bantaeng dengan 8.86% dan Gowa sebesar 7.26%.

Baca Juga: Peringati HPSN, Pemkab Wajo Luncurkan 3 Program Dukung Wajo Mapaccing

"Angka pertumbuhan ekonomi ini sangat sejalan dengan upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo untuk menjaga dan menyelamatkan perekonomian agar tidak terlalu terpuruk akibat pandemi Covid-19," ujar Bupati Amran , kepada SINDOnews, Kamis (10/3/2022).

Selama dua tahun terakhir, berbagai kebijakan telah ditempuh pemerintah. Mulai membantu para pelaku usaha, memperbanyak kerja sama, hingga mendorong lahirnya wirausahawan baru di setiap desa/kelurahan.

Selain itu, roda perekonomian di Wajo bertumbuh seiring dengan data realisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) hingga Desember 2021 yang mencapai Rp1.08 triliun. Angka ini menempatkan Wajo di urutan ketiga tertinggi di Sulsel setelah Kota Makassar dan Kabupaten Bone.

“Kita harus akui, selama pandemi Covid-19, banyak sektor yang terdampak. Tapi kami selalu berusaha semaksimal mungkin, bagaimana membangkitkan roda perekonomian dengan berbagai kebijakan dan program yang kami jalankan,” ungkap dia.

Orang nomor satu di Bumi Lamadukelleng itu mengaku bersyukur dengan peningkatan pertumbuhan ekonomi . Menurutnya, capaian ini tak lepas dari sinergitas dan dukungan berbagai pihak.

Secara khusus, ia juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat, dan pemerintah provinsi melalui bantuan-bantuan yang diberikan dalam rangka pemulihan ekonomi, baik yang sudah disalurkan pada tahun 2020 2021, maupun yang akan diserahkan tahun ini.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2555 seconds (11.210#12.26)