Kantor Pos Balikpapan Salurkan Bantuan Pangan Sosial kepada 44.145 KPM

Selasa, 08 Maret 2022 - 19:47 WIB
loading...
Kantor Pos Balikpapan Salurkan Bantuan Pangan Sosial kepada 44.145 KPM
Seorang nenek rentah di Balikpapan menunjukkan uang bantuan pangan sosial yang diterimanya dari Kantor Pos setempat. Foto: MPI/Mukmin Azis
A A A
BALIKPAPAN - Kantor Pos Balikpapan telah menyalurkan bantuan pangan sosial hingga 95 persen kepada keluarga penerima manfaat (KPM) , di 3 daerah di Kalimantan Timur.

Ketiga daerah tersebut yakni, Kota Balikpapan sebanyak 13 ribu KPM, Kabupaten Penajam Paser Utara 11 ribu KPM, dan Kabupaten Paser ada 10 ribu KPM, dengan jumlah target 44.145 KPM.



“Pembayaran bantuan pangan sosial ini dilakukan sejak 20 Februari hingga 7 Maret, dan tiap KPM menerima Rp.600,000,-, untuk bulan Januari hingga Maret, atau tiga bulan,” kata Kepala Kantor Pos Balikpapan, Taufik Dadi Marala, Senin (7/3/2022).

Pembayaran bantuan itu kata dia, dibagi 3 cara, melalui komunitas seperti di kantor kecamatan, kelurahan dan tempat lain. Selain itu juga ada penyaluran melalui seluruh kantor pos yang ada di tiap kecamatan, hingga door to door.

“Penyaluran door to door untuk KPM lansia, sakit permanen, dan tidak bisa mendatangi kantor pos ataupun komunitas. Jadi kita jemput bola,” ujar Taufik Dadi Marala. Hingga tanggal 5 Maret penyalurannya sudah mencapai 95 persen.

Agar penyaluran tepat sasaran, Kantor Pos menerapkan persyaratan untuk penyaluran. Seperti KPM wajib menunjukkan KTP atau KK asli, untuk verifikasi pencocokan data pribadi yang di Daftar Nominatif Penerima atau Danom.



Selain itu, ada proses foto penerima yang langsung terkoneksi dengan data di Pusat, hingga proses geotagging atau foto rumah penerima. “Proses foto rumah KPM dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan door to door, atau setelah penyaluran di komunitas,” pungkasnya.

Sementara itu, salah seorang penerima bantuan pangan sosial di Balikpapan, Nurqalbi Abdullah mengaku terbantu dengan adanya bantuan ini. “Alhamdulillah merasa terbantu, bisa buat beli sembako, dan makan bersama keluarga,” ujarnya usai menerima dana bantuan di Kantor Pos Balikpapan.

Warga Gunung Polisi, Kelurahan Baru Ilir ini juga menyampaikan rasa terima kasih kepada pemerintah karena sudah mendapat bantuan. “Alhamdulillah bisa buat beli beras dan telor, sebulan kedepan bisa dibuat makan bersama keluarga,” pungkasnya.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1580 seconds (0.1#10.140)