Semarak Gelaran Lomba Akuntansi Tingkat SMA ala Universitas Atma Jaya Makassar

Senin, 07 Maret 2022 - 14:42 WIB
loading...
Semarak Gelaran Lomba Akuntansi Tingkat SMA ala Universitas Atma Jaya Makassar
Pelaksanaan Atma Jaya Accounting Competition XIX Tahun 2022 (AAC XIX 2022) di Kota Makassar berlangsung semarak, Sabtu (5/3/2022) lalu. Foto Istimewa
A A A
MAKASSAR - Pelaksanaan Atma Jaya Accounting Competition XIX Tahun 2022 (AAC XIX 2022) di Kota Makassar berlangsung semarak, Sabtu (5/3/2022) lalu. Lomba akuntansi tingkat SMA secara nasional itu diikuti belasan sekolah dari berbagai daerah di Indonesia.

Sekadar diketahui, gelaran AAC merupakan agenda rutin tahunan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Atma Jaya Makassar (HMJA FEB UAJM). Kegiatan itu digelar secara daring dengan mengangkat tema 'Challenge & Improve Your Skill in Accounting and Be The Best at AAC 2022'.

Pada tahun ini, total ada 21 tim dari 11 sekolah se-Indonesia yang ambil bagian. Di antaranya yakni SMA Katolik Rajawali Makassar, SMA Ignatius Global School Palembang, MAN 2 Kota Malang, SMA 21 Makassar, Seminari Menengah Santo Petrus Claver, SMAN 1 Andong Boyolali, SMAS Kanisius Jakarta, SMA Islam Athira Bone, SMA Negeri 97 Jakarta, SMA Negeri 11 Makassar, dan SMAN 11 Pangkep.



Materi perlombaan disusun oleh Tim Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Atma Jaya Makassar, yang diketuai oleh Anthony Holy. Adapun kegiatan dibuka langsung oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Atma Jaya Makassar, Yuada Rumengan. Turut mendampingi yakni Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fransiskus E. Daromes; Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Ana Mardiana, dan Ketua Program Studi Akuntansi, Paulus Tangke.

Pada kesempatan itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan mengatakan gelaran AAC kali ini merupakan prestasi yang sudah luar biasa karena rutin dilaksanakan setiap tahun, mulai dari 2003 hingga sekarang. Ia juga menegaskan bagi peserta yang sebentar lagi akan menjadi mahasiswa bahwa lomba ini merupakan ajang yang tepat menguji kemampuan.

"Karena dalam mengikuti lomba ini bukan satu-satunya bertujuan untuk jadi juara, meskipun tujuan kita mengikuti lomba ini adalah menjadi juara. Namun, dalam lomba ini kita perlu mengembangkan kemampuan, belajar kerja sama, dan mendapatkan pengalaman yang sangat berguna," kata dia, dalam keterangan persnya, Senin (7/3/2022).



Pada kesempatan itu, ia juga mengapresiasi panitia dari Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi karena sangat agresif dalam melakukan kegiatan tersebut. Adapun kegiatan ditutup oleh Wakil Dekan Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Ana Mardiana, yang sekaligus mengumumkan juara lomba akuntansi tersebut.

Juara I diraih oleh SMA Ignatius Global School Palembang. Disusul oleh Seminari Menengah Santo Petrus Claver Makassar dan SMAN 1 Andong, Boyolali. Sedangkan juara harapan I dipegang disabet oleh Seminari Menengah Santo Petrus Claver Makassar, diikuti oleh SMA Ignatius Global School Palembang dan MAN 2 Kota Malang.

Bukan hanya lombanya yang keren, tapi dalam acara ini, para panitia juga menyiapkan games yang seru-seru buat para peserta. Tujuannya, agar para peserta tidak tegang dengan soal-soal yang akan dihadapi di babak selanjutnya. Lalu, ada pula doorprize yang telah disediakan para panitia. Adapun kesan para peserta pun sangat positif, dimana gelaran AAC dinilai menegangkan dan sangat melatih kemampuan yang dimiliki.

(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1726 seconds (0.1#10.140)