Gagas Batik Khas Serang, Bupati Tatu Latih Warganya Membatik di Bandung

Minggu, 06 Maret 2022 - 22:08 WIB
loading...
Gagas Batik Khas Serang, Bupati Tatu Latih Warganya Membatik di Bandung
Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah saat memantau langsung pelatihan warganya di Rumah Batik Komar di Bandung. Foto: MPI/Mahesa Apriandi
A A A
SERANG - Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah tengah menggagas batik khas Kabupaten Serang yang akan digunakan oleh instansi pemerintah, swasta, maupun masyarakat.

Untuk menciptakan batik tersebut, puluhan warga Kabupaten Serang dilatih membuat batik di Rumah Batik Komar, Bandung, Jawa Barat.

“Kami semua ingin meningkatkan, menambah desain-desain batik yang unik dari Kabupaten Serang. Dan insya Allah ke depan, kita punya batik-batik yang bagus. Bisa membanggakan, dan mengangkat UMKM Kabupaten Serang,” kata Tatu , Minggu (6/3/2022).



Tatu berharap, warga yang diberi pelatihan bisa membuat batik yang dikenal di tingkat nasional. Selain itu, para pembatik difokuskan untuk bisa membuat batik bermotif khas Kabupaten Serang.

“Jadi para pembatik ini dilatih, disempurnakan keahliannya, di tempat sentra batik, Rumah Batik Komar,” ujarnya.



Pemkab Serang sudah melakukan penelitian terkait motif yang bisa diciptakan, menyesuaikan kebudayaan, seni, dan pariwisata Kabupaten Serang.

Tatu mencontohkan, telah diciptakan desain batik bermotif Rawa Danau, Bendung Pamarayan, dan buah khas Kabupaten Serang. “Ada 12 motif, kemudian menyusul 10 motif dan motif motif lain yang sudah dibuat oleh para pembatik di Kabupaten Serang,” bebernya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5216 seconds (0.1#10.140)