LAN-RI Dorong Pemkab Bulukumba Lakukan Penguatan Inovasi Sektor Publik

Rabu, 02 Maret 2022 - 21:14 WIB
loading...
LAN-RI Dorong Pemkab Bulukumba Lakukan Penguatan Inovasi Sektor Publik
LAN-RI mendorong Pemkab Bulukumba melakukan inovasi penguatan kapasitas aparatur pemerintah yang dituang dalam nota kesepakatan bersama. Foto: SINDOnews/Eky Hendrawan
A A A
BULUKUMBA - Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN-RI) mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba melakukan inovasi penguatan kapasitas aparatur pemerintah yang dituang dalam nota kesepakatan bersama.

Kepala LAN RI, Adi Suryanto, menjelaskan inovasi merupakan salah satu upaya dalam mendorong proses pembangunan di daerah. Inovasi sektor publik dapat meningkatkan kualitas dan mempermudah pelayanan terhadap masyarakat secara cepat dan efisien.

"Dulu inovasi di kalangan birokrasi merupakan hal yang asing, namun seiring dengan waktu, pemerintah terus mendorong inovasi-inovasi sektor publik," ungkapnya.



Saat ini, menurut Adi Suryanto, setiap daerah berlomba-lomba melakukan inovasi melalui kekhasan dan kearifan lokal. Dimana keberhasilan sebuah inovasi, tidak terlepas dukungan dan komitmen pimpinan untuk mengembangkan inovasi di daerahnya.

"Tidak hanya komitmen pemimpin, berbagai regulasi dikeluarkan guna menciptakan inovasi-inovasi sektor publik yang dapat memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat. Kultur birokrasi yang terbuka, lanjutnya, juga mempengaruhi keberhasilan inovasi sektor publik," ujarnya.

"Dukungan dan kolaborasi seluruh elemen baik pemerintah daerah dan pemerintah pusat untuk melakukan perubahan ini membuat sebuah gerakan inovasi secara masif dan terstruktur," sambung dia.

Kerja sama antara LAN dengan delapan Pemerintah Daerah, termasuk Pemerintah Kabupaten Bulukumba meliputi pengembangan dan penguatan di bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara, Kajian dan Inovasi Manajemen aparatur sipil Negara, Pelatihan dan Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara, serta Pendidikan Tinggi Terapan.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Muh Ali Saleng mewakili pemerintah daerah menyampaikan terima kasih kepada LAN RI atas kerjasama tersebut.

Ali Saleng menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya serta menyambut baik rencana kerja sama di berbagai bidang ini, mengingat Kabupaten Bulukumba memiliki banyak potensi yang akan dikembangkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1219 seconds (0.1#10.140)