Gempa Terkini M5,2 Guncang Pangandaran Tak Berpotensi Tsunami

Selasa, 01 Maret 2022 - 23:44 WIB
loading...
Gempa Terkini M5,2 Guncang Pangandaran Tak Berpotensi Tsunami
Gempa bumi berkekuatan magnitude 5,2 yang mengguncang Pangandaran atau wilayah Samudera Hindia Selatan, Jawa Barat, tidak berpotensi tsunami. Foto: Ilustrasi/SINDOnews
A A A
PANGANDARAN - Gempa bumi berkekuatan magnitude 5,2 yang mengguncang Pangandaran atau wilayah Samudera Hindia Selatan, Jawa Barat , tidak berpotensi tsunami.

Hasil analisis BMKG menunjukkan, gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,2.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 8,48° LS ; 107,57° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 76 Km arah Selatan Pameungpeuk, Garut, Jawa Barat pada kedalaman 30 km.

Baca juga: BREAKING NEWS! Gempa M5,2 Guncang Pangandaran

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno di laman resmi BMKG.



Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan turun ( normal fault ),” ujarnya.

Baca juga: Gempa Bermagnitudo 5,2 Guncang Pangandaran, Getaran Dirasakan Sampai Tasikmalaya

Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Bayongbong, Garut, Pasirwangi, Karangpawitan, Singajaya, Bungbulang, Pangalengan, Cikajang, Cisurupan, Pakenjeng, Banyuresmi, Tasikmalaya, Pangandaran, Cipatujah, Pamengpeuk, Cipamingkis III MMI.

“Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu,” tandasnya.
(nic)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1442 seconds (10.55#12.26)