Kepemimpinan Solutif Dinilai Jadi Faktor Tingginya Kepuasan Publik Pada Presiden Jokowi

Selasa, 01 Maret 2022 - 15:09 WIB
loading...
Kepemimpinan Solutif Dinilai Jadi Faktor Tingginya Kepuasan Publik Pada Presiden Jokowi
Program pemerintah di antaranya Kartu Prakerja memberikan dampak positif yang bisa langsung dirasakan oleh masyarakat. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
BANDUNG - Sejumlah survei terbaru menunjukkan angka kepuasan publik kepada pemerintahan Jokowi-Maruf Amin mencapai 73,9 persen. Angka ini dinilai hasil dari kemampuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadirkan solusi di tengah persoalan yang dihadapi masyarakat.

Hal itu diungkapkan aktivis pemuda, Chrisman Damanik yang menilai Presiden Jokowi adalah figur pemimpin yang mampu memberi solusi bagi rakyatnya. Jokowi dianggap mengerti persoalan dan permasalah masyarakat, khususnya akar rumput.



"Kerja yang terukur serta mengerti persoalan rakyat. Sehingga kerja yang dilakukan dapat memberikan solusi bagi persoalan rakyat," tutur Chrisman dalam keterangannya, Selasa (1/3/2022)

Dia juga melihat ada ketulusan kerja dari Jokowi selama kepemimpinannya sejak 2014. Jokowi dinilai tanpa lelah bekerja untuk kepentingan masyarakat.

"Publik mempunyai kepercayaan tinggi karena Jokowi totalitas dalam bekerja. Bukan hanya sekadar janji atau omongan saja namun kerja nyata yang dilakukan Jokowi," ujarnya.

Selain itu, Chrisman menyoroti jika setiap kebijakan yang dikeluarkan oleh Jokowi akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Program-program pemerintah dinilai bisa langsung menyentuh kebutuhan masyarakat.

"Dan yang penting adalah rakyat merasakan apa yang dikerjakan Jokowi," ujar Chrisman.





Survei tersebut dilaksanakan melalui wawancara tatap muka secara langsung kepada 1.200 responden. Survei tersebut menghasilkan data tingkat kepuasan publik di bidang kesejahteraan sosial tercatat 76,4 persen, politik dan keamanan 74,6 persen, penegakan hukum 69 persen, perekonomian 60,4 persen.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2919 seconds (0.1#10.140)