Pasaman Barat Diguncang Gempa M 6,2 Getarannya Dirasakan hingga Malaysia dan Singapura

Jum'at, 25 Februari 2022 - 10:23 WIB
loading...
Pasaman Barat Diguncang Gempa M 6,2 Getarannya Dirasakan hingga Malaysia dan Singapura
Gempa bumi magnitudo 6,2 mengguncang Pasaman Barat. Foto/BMKG
A A A
PASAMAN BARAT - Gempa bumi magnitudo 6,2 yang berpusat di daratan mengagetkan warga Pasaman Barat, Sumatera Barat. Getaran gempa bumi juga dirasakan kuat di wilayah Agam, Bukit Tinggi, hingga Kota Padang, dan Payakumbuh.



Berdasarkan catatan BMKG, getaran gempa di Pasaman Barat, juga dirasakan hingga ke negara tetangga, yakni di Malaysia, dan Singapura. BMKG menyebut, getaran gempa di Malaysia, dan Singapura dirasakan II Skala MMI.



Sementara di Pasaman Barat, yang menjadi pusat gempa bumi, getarannya dirasakan V Skala MMI. Untuk di Bukit Tinggi, dan Padang Panjang, getaran gempa dirasakan IV Skala MMI. Getaran gempa dirasakan III skala MMI dirasakan di Padang, Payakumbuh, Aek Godang, dan Gunungsitoli.



Sementara untuk wilayah Pesisir Selatan, Rantau Parapat, Nias Selatan, dan Bangkiang, getaran gempa dirasakan sama dengan yang ada di wilayah Malaysia, dan Singapura, yakni II Skala MMI.



Untuk getaran gempa bumi yang dirasakan I-II Skala MMI, getaran gempa tidak dirasakan atau dirasakan hanya oleh beberapa orang tetapi terekam oleh alat. Sementara untuk getaran gempa yang dirasakan III-V Skala MMI, getarannya dirasakan oleh orang banyak, tetapi tidak menimbulkan kerusakan. Benda-benda ringan yang digantung bergoyang dan jendela kaca bergetar.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1686 seconds (0.1#10.140)