Lereng Merapi jadi sasaran penghijauan

Selasa, 04 Desember 2012 - 10:06 WIB
Lereng Merapi jadi sasaran penghijauan
Lereng Merapi jadi sasaran penghijauan
A A A
Sindonews.com - Kawasan lereng Gunung Merapi menjadi target penghijauan dalam rangka gerakan menanam sejuta pohon. Jajaran Polres Klaten menanam 17 ribu bibit di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang. Jenis bibit yang ditanam diantaranya pohon Jabon, Sengon dan Pete.

Selain ditanam di area terbuka, sebagian bibit juga diberikan kepada warga setempat untuk ditanam di lingkungan masing-masing.

“Dengan gerakan serentak tanam pohon, diharapkan ke depan bisa mewujudkan terciptanya lingkungan yang alami dan asri. Sehingga bisa bermanfaat bagi manusia dan alam,” ujar Kapolres Klaten AKBP Kalingga Rendra Raharja di sela-sela acara tanam pohon, Selasa 3 Desember 2012.

Selain menanam pohon, Kapolres juga mengingatkan para penambang pasir di alur Kali Woro tentang bahaya banjir lahar dingin. Pihaknya meminta para penambang berhenti beraktivitas jika di puncak Merapi sudah mendung
dan turun hujan.

“Material vulkanik di sepanjang Kali Woro masih menumpuk. Jika sewaktu-waktu turun hujan lebat, dapat terjadi banjir lahar dingin. Tentu ini bisa mengancam keselamatan penambang,” tandasnya.

Sedangkan di Boyolali, aksi menanam pohon digelar di lereng Merapi di Desa Cluntang, Kecamatan Musuk.

“Yang ditanam di lahan kritis sebanyak 20 ribu bibit tanaman,” ujar kasi rehabilitasi lahan dan hutan, Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan (Dispertanhutbun) Boyolali, Joko Apriyadi.

Bibit yang ditanam antara lain sengon, jabon, durian dan pete. Setelah besar, pohon menjadi milik masyarakat. Dengan demikian, mereka bisa memanen hasilnya sebagai sumber pendapatan ekonomi.

Tak kalah penting adalah memelihara lingkungan dan kelestarian sumber air. Lereng Merapi menjadi salah satu sasaran penghijauan karena rawan bencana tanah longsor.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8239 seconds (0.1#10.140)