IGBD Kota Parepare Menggelar Festival Bahasa Tomaugi

Senin, 21 Februari 2022 - 19:07 WIB
loading...
IGBD Kota Parepare Menggelar Festival Bahasa Tomaugi
Ikatan Guru Bahasa Daerah (IGBD) Kota Parepare, menggelar Festival Pitungngesso Mabbicara Ugi (Tomaugi). Foto: Istimewa
A A A
PAREPARE - Ikatan Guru Bahasa Daerah (IGBD) Kota Parepare , menggelar Festival Pitungngesso Mabbicara Ugi (Tomaugi), untuk memperingati Hari Bahasa Ibu Internasional.

Kegiatan bertema "Parepare Pattiro Laleng Amajungenna Basa Daerah Ri Sulawesi Selatang" (Parepare Pionir Kemajuan Bahasa Daerah Di Sulawesi Selatan) digelar di Balai Ainun, Senin (21/2/2022), dibuka secara daring oleh Wali Kota Parepare, Taufan Pawe.



Festival ini juga digelar sebagai momentum dalam menyemarakkan Hari Ulang Tahun Kota Parepare ke 62 yang diperingati pada 17 Februari.

Wali Kota Parepare pada kesempatan tersebut mengapresiasi hadirnya Festival ini di Parepare . Pemerintah kota parepare kata dia, sangat mensupport kegiatan tersebut sebagai salah satu pelestarian bahasa daerah di Kota Parepare.

Sementara Sekretaris Dinas Pendidikan, Makmur mengatakan, juga mengapresiasi kegiatan yang dinilainya luar biasa, karena memberikan pencerahan tentang pentingnya bahasa Bugis, selain dikembangkan juga mendapatkan pelajaran tentang bahasa daerah bugis .

"Dan hari ini kita banyak mendapatkan pelajaran dari kisah bugis, petuah bugis, dan budaya bugis yang mestinya harus dipertahankan," jelas Makmur.

Ketua IGBD Kota Parepare, Rahmaniar mengatakan, Festival Tomaugi ini pertama kali digelar dan merupakan sejarah baru di Parepare.



"Ada tujuh kegiatan yang akan kami gelar dalam Festival ini diantaranya Sosialisasi Pentingnya Bahasa Daerah di lingkungan keluarga, lomba debat berbahasa bugis, lomba MC berbahasa bugis," papar Rahmaniar.

Rahmaniar yang juga guru SMPN 2 Parepare ini berharap, ke depan kegiatan Festival Tomaugi menjadi momentum dalam gerakan merefleksi diri untuk pelestarian bahasa daerah dan untuk menggairahkan pembelajaran bahasa daerah di sekolah-sekolah.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2874 seconds (0.1#10.140)