Entrust Hadirkan Teknologi HSM untuk Keamanan Bisnis

Selasa, 15 Februari 2022 - 00:03 WIB
loading...
Entrust Hadirkan Teknologi HSM untuk Keamanan Bisnis
Seiring dengan pesatnya peningkatan aktivitas digital dewasa ini, kasus kebocoran data rahasia perusahaan seperti data pribadi konsumen pun semakin marak terjadi. Foto isti
A A A
BOGOR - Seiring dengan pesatnya peningkatan aktivitas digital dewasa ini, kasus kebocoran data rahasia perusahaan seperti data pribadi konsumen pun semakin marak terjadi. Bahkan data perusahaan sering diperjualbelikan. Kondisi ini menuntut para pelaku bisnis untuk memiliki keamanan data yang efektif dan terjamin.

Menghadapi situasi ini, PT iTrust Data Teknologi (i-Trust) menghadirkan sebuah teknologi mutakhir untuk keamanan data industri tanah air yaitu Hardware Security Module (HSM) milik solution provider terkemuka asal Amerika Serikat (AS) Entrust, yang menyediakan solusi identitas, pembayaran, dan perlindungan data yang aman dan terpercaya.



Sally Santoso, Chief Executive Officer i-Trust menjelaskan, HSM adalah perangkat keras elektronik (hardware) yang menyediakan proses kriptografi serta manajemen kunci untuk perlindungan data.Berbeda dengan enkripsi berbasis perangkat lunak (software) yang banyak digunakan umumnya, enkripsi dengan perangkat HSM dapat memberikan perlindungan maksimal.

Sebab, kunci digital yang diciptakan oleh perangkat ini akan menghasilkan sandi yang tidak akan dapat dipecahkan oleh pihak yang tidak berkepentingan. “Kami iTrust telah dipercaya menjadi ‘Entrust Data Protection Solution Authorized Distributor’ untuk wilayah Indonesia karena memiliki engineer yang bersertifikasi dan berpengalaman dalam instalasi dan integrasi HSM Entrust di berbagai instansi pemerintah dan industri esensial lainnya," ungkap Sally Santoso, Senin (14/2/2022).

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang IT Security, pihaknya paham benar bahwa after sales support yang handal sangat penting dalam mendukung keamanan data dan informasi yang dijaga oleh peusahaan maupun instansi.

Berdasarkan hasil riset Entrust Encryption Trends Study yang dilakukan pada tahun 2021 untuk pelaku bisnis beberapa negara, lanjut dia, penggunaan teknologi HSM mengalami peningkatan signifikan.

Hal ini juga didukung oleh data dari Bank Indonesia yang menyatakan bahwa nilai transaksi e-commerce pada paruh pertama tahun 2021 mencapai Rp186,75 triliun atau tumbuh 63,36 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (year-on-year). Dan pada periode Januari sampai Juni 2021, jumlah kunjungan platform e-commerce terus meningkat setiap bulannya.

"Oleh karenanya, teknologi HSM dari Entrust ini dapat menjadi solusi efektif bagi para pelaku bisnis di setiap sektor industri dalam menjalankan digitalisasi bisnisnya, yaitu didukung dengan keamanan data dan informasi yang terjamin aman," tutupnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.2004 seconds (0.1#10.140)