Bagi Kaum Hawa, Penting Kenali Gejala Kanker Payudara

Jum'at, 11 Februari 2022 - 22:33 WIB
loading...
Bagi Kaum Hawa, Penting Kenali Gejala Kanker Payudara
Dokter Esther Felicita Tambayong, Sp.B, dokter dari Siloam Hospitals Balikpapan Foto ist
A A A
BALIKPAPAN - Gejala kanker payudara tidak hanya tampak dalam bentuk benjolan pada payudara. Bagi kaum perempuan, sangat penting untuk mengenali sejumlah gejala lain dari penyakit ini.

Hal ini disampaikan dr Esther Felicita Tambayong, Sp.B, dokter dari S iloam Hospitals Balikpapan dalam bincang edukasi sehat di Kota Balikpapan secara online.

Dokter Esther mengungkapkan, gejala kanker payudara yang mengarah keganasan dapat berupa benjolan yang bentuknya tidak beraturan dan kebanyakan benjolannya tidak terasa nyeri. Gejala ini biasanya diikuti dengan adanya perubahan dari warna kulit payudara pada penderita.



"Bahkan jika sudah parah kondisi kulit seperti kulit jeruk yang disertai luka berbau pada bagian kulit payudara tersebut. Dan luka yang dialami terjadi tanpa sebab dan sulit untuk sembuh," tutur dr Esther, Kamis (10/2/2022).

Melanjutkan edukasinya, dokter spesialis bedah ini menjelaskan, beberapa gejala kanker payudara ditemukan juga terjadi dengan kondisi bagian puting yang tertarik ke dalam dan bentuk payudara menjadi tidak simetris antara satu dengan yang lain.

Menurutnya, langkah paling awal yang bisa dilakukan untuk mengetahui adanya gejala kanker payudara adalah dengan melakukan pengecekan diri.

Kondisi terbaik adalah saat satu minggu setelah mens hari pertama, karena saat itu payudara dalam kondisi paling lembek. Dengan kondisi setelah hari pertama menstruasi, bisa diperiksak kondisi payudara apakah terdapat benjolan atau tidak.

"Kemudian kita dapat mengecek dengan cara mengangkat salah satu tangan dengan memegang kepala bagian belakang, lalu salah satu tangan lain meraba payudara dengan menggunakan tiga jari bagian ujung," ungkap dokter Esther.

Pertama, jelasnya, lakukan dengan cara menekan dari bagian bawah ke atas, dan kemudian berikan penekanan dengan cara memutar, lalu tekan dari tengah hingga ke sisi samping kiri dan kanan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1459 seconds (0.1#10.140)