Kunker ke Kutai Kartanegara, Bupati Bone Jajaki Kerja Sama Ekonomi dan Budaya

Jum'at, 11 Februari 2022 - 19:21 WIB
loading...
Kunker ke Kutai Kartanegara, Bupati Bone Jajaki Kerja Sama Ekonomi dan Budaya
Bupati Bone, Andi Fahsar M Padjalangi, melakukan kunker di Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Jumat (11/2/2022). Foto: Istimewa
A A A
BONE - Bupati Bone, Andi Fahsar M Padjalangi , melakukan kunjungan kerja (kunker) di Kutai Kartanegara , Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Jumat (11/2/2022).

Bupati Fahsar beserta rombongan diterima secara adat oleh Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura ke XXI Sultan Aji Muhammad Arifin bersama Wakil Bupati Kutai Kartanegara Rendi Solihin di Keraton Kesultanan Kutai Kartanegara.

Kunjungan tersebut dalam rangka menjajaki kerja sama budaya dan ekonomi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara .



Bupati Fahsar mengaku bangga dan bersyukur bisa menginjakkan kakinya langsung di Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura yang merupakan kerajaan tertua di Indonesia.

"Kami merasa berbangga dan bersyukur atas terbukanya pintu untuk kami hadir di sini. Kami tidak menyangka diterima dengan penyambutan yang luar biasa, dengan adat istiadat budaya yang ada di sini, sangat luar biasa budaya adat tetap dipertahankan," kata dia.

Orang nomor satu di Bone itu mengaku tahu betul, tidak mudah menjejakkan kaki ke Istana Kutai Kartanegara. Namun, dengan sikap keterbukaan yang luar biasa oleh Sultan Kutai Kartanegara dan jajaran, akhirnya dirinya bersama rombongan bisa berkunjung.

"Kutai Kartanegara membuka diri dan ini menunjukkan Kesultanan Kutai menjaga kebesaran dan marwah kesultanannya. Inilah yang harus kita contoh," sebutnya.

Dia menambahkan dipilihnya Kalimantan Timur sebagai Ibu Kota Negara (IKN) tentu melalui proses yang panjang. Tentunya seluruh provinsi di Indonesia berharap menjadi IKN, tapi pilihan jatuh ke Kaltim, yang merupakan kawasan Kerajaan Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura.

"Tentu wajar karena ini kerajaan tertua dan secara strategis wilayahnya layak IKN ditempatkan di Kaltim. Kami Bone siap menjadi penyangga kebutuhan untuk Kalimantan timur. Bentuk kebesaran suatu negara dan daerah bisa kita lihat dari kemampuannya menjaga, merawat budaya adat serta kepeduliannya yang sangat tinggi," tutup Bupati Fahsar .
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3280 seconds (0.1#10.140)