Momen Imlek, Ganjar Temui Veteran Perang Keturunan Tionghoa

Selasa, 01 Februari 2022 - 17:12 WIB
loading...
Momen Imlek, Ganjar Temui Veteran Perang Keturunan Tionghoa
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menemui Trisno Yoewono (77) di kawasan Bulusan, Tembalang, Semarang. Yoewono merupakan veteran perang keturunan Tionghoa. Foto/Ist
A A A
SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menemui Trisno Yoewono (77) di kawasan Bulusan, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (1/2/2022). Yoewono merupakan veteran perang keturunan Tionghoa.

Yoewono ternyata murid dari Dullah, pelukis istana kesayangan Presiden pertama RI, Soekarno. Ganjar sempat berbincang dengan Yoewono.



"Kok dulu sebagai orang Indonesia keturunan Tionghoa mau ikut perang. Kenapa pak?" kata Ganjar di kediaman Yoewono sambil melihat lukisan yang terpajang di dinding.

Yoewono menjelaskan, keinginannya ikut berperang lantaran cinta terhadap Indonesia. Meskipun keturunan Tionghoa, dia menyebut Indonesia sebagai tanah kelahirannya.

"Kita kesadaran diri, kita lahir di Indonesia, mau gimana ya jadi orang Indonesia. Wah nggak ada (gaji), kita rela mati untuk bela negara," ujar Yoewono.

Di sela-sela obrolan, Ganjar sempat teralihkan oleh sebuah lukisan yang menyerupai dirinya. Namun lukisan itu masih belum rampung.


"Pak Yu, nanti kalau sudah selesai itu lukisannya kabari saya ya. Biar saya beli," ucap Ganjar.

Ganjar pun memuji beberapa lukisan karya realis milik Yoewono. Ganjar juga mengajak Yoewono menggelar pameran ke publik kembali.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2149 seconds (0.1#10.140)