Gunungkidul Geger, 13 Warga Suspect Antraks Usai Makan Daging Sapi Sakit

Selasa, 01 Februari 2022 - 15:31 WIB
loading...
Gunungkidul Geger, 13 Warga Suspect Antraks Usai Makan Daging Sapi Sakit
Kepala Desa Gombang, Supriyanto menunjukkan indikasi warganya yang suspect antraks yakni beberapa bagian tubuh menjadi hitam. Foto/iNews TV/Kismaya
A A A
GUNUNGKIDUL - Sebanyak 13 warga Desa Gombang, Ponjong, Gunungkidul, DIY suspect antraks. Dugaan itu muncul setelah mereka membrandu atau memakan daging sapi yang sakit dan ternyata terjangkit penyakit antraks. Hasil laboratorium yang sudah dikeluarkan oleh Balai Besar Veteriner (BBVet) terdapat 5 ekor sapi dan 3 ekor kambing yang positif antraks.

Gunungkidul Geger, 13 Warga Suspect Antraks Usai Makan Daging Sapi Sakit

Kepala Desa Gombang, Supriyanto dan warga menunjukkan kandang sapi yang terjangkit penyakit antraks. Foto/iNews TV/Kismaya

Saat ini pihak desa meminta kepada warga untuk menahan diri untuk tidak menjual binatang ternak hingga temuan antraks bisa dikendalikan.



Hal itu dilakukan pasca 13 warga Desa Gombang suspect antraks yang disebabkan karena ada kebiasaan membrandu atau menyembelih hewan sakit untuk kemudian dibagi-bagikan ataupun dijual dengan harga miring.

Peristiwa tersebut berawal ketika sapi milik salah Rudiyanto, salah seorang warga Desa Gombang tiba-tiba sakit. Sapi yang dibeli seharga 16 juta pada usai perayaan Idul Adha 2021 tersebut mendadak tidak mau makan. Kemudian sempat dipanggilkan dokter hewan untuk memeriksanya.

Rudiyanto menuturkan, karena kondisi sapi yang semakin memburuk akhirnya diputuskan untuk menyembelih sapi tersebut sebelum mati. Selanjutnya membagi-bagikan daging tersebut kepada warga sekitar. Bahkan terdapat juga sapi yang dijual dengan harga miring karena ukurannya yang besar.

"Selisih beberapa hari kemudian, kejadian serupa juga terjadi di mana terdapat kambing dan juga sapi yang tiba-tiba mengalami sakit dan mati. Sehingga total terdapat 5 sapi dan 3 ekor kambing yang sakit atau mati mendadak," ujarnya, Selasa (1/2/2022).


Usai memakan daging sapi tersebut, sebanyak 13 warga Desa Gombang mengalami sakit dengan gejala mirip antraks. Mulai dari mengalami mencret, demam hingga di beberapa bagian tubuh menjadi hitam.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2167 seconds (0.1#10.140)