Ganjar Kecewa Pedagang Pasar Mangkang Belum Ditata dan Tak Ada Petugas

Jum'at, 12 Juni 2020 - 12:15 WIB
loading...
Ganjar Kecewa Pedagang Pasar Mangkang Belum Ditata dan Tak Ada Petugas
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sidak ke Pasar Mangkang, Kota Semarang, Jumat (12/6/2020) pagi. FOTO/DOK.HUMAS PEMPROV JATENG
A A A
SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kembali sidak ke sejumlah pasar tradisional di Kota Semarang, Jumat (12/6/2020). Salah satu pasar yang dikunjungi adalah Pasar Mangkang, Semarang.

Sambil gowes, Ganjar ingin mengecek kondisi Pasar Mangkang pasca ditutup selama tiga hari karena adanya temuan kasus positif COVID-19. Berharap ada perubahan, tapi Ganjar justru menemukan tidak ada penataan di pasar yang terletak di Jalan Pantura Semarang-Kendal itu saat kembali dibuka.

Berbeda dengan Pasar Karangayu yang dikunjungi Ganjar sebelumnya, di Pasar Mangkang tersebut Ganjar melihat tidak ada penataan berarti. Kondisi pasar tetap kumuh dengan pedagang dan pembeli berjubel tanpa sekat.( )

Tak ada penataan jarak antara kios pedagang. Garis-garis pembatas pun tak ditemukan. Sementara di sepanjang lorong jalan dan tempat-tempat lain, masih banyak ditemukan sampah berserakan dengan pembeli yang berjubel lalu lalang.

Ganjar langsung mencari pengelola Pasar Mangkang yang bertugas. Ia sempat mengunjungi kantor kepala pasar yang berada di lantai dua. Alih-alih bertemu dengan pengurus pasar, kantor itu kosong mlompong. Ganjar pun semakin jengkel dibuatnya.

"Mana ini pengelola pasarnya, kok tidak ada sama sekali. Jam berapa masuk kerjanya," katanya kepada salah satu pedagang.

Tak berselang lama, seorang petugas mendekati Ganjar. Kepada Ganjar, ia menerangkan bahwa bertugas sebagai juru pungut retribusi. Ganjar pun menanyakan kenapa pasar tidak dilakukan penataan.

"Kepala pasarnya mana? Tolong saya dikasih nomor teleponnya, mau saya telepon sekarang. Nggak bisa ini kaya gini. Sampean lihat tidak, kondisinya kotor seperti ini, pasar tidak ditata dan berjubel," katanya.

Petugas yang diketahui bernama Muhtadi itu pun memberikan nomor kepala Pasar. Namun saat ditelepon Ganjar, kepala pasar itu tidak mengangkat meskipun terdengar aktif.

Ganjar pun langsung turun dan kembali berkeliling mengecek pasar. Ia masih menemukan banyak pembeli dan penjual yang tidak memakai masker, berdesakan tanpa mengindahkan protokol kesehatan yang ketat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1679 seconds (0.1#10.140)