Pelantikan Hakim PN Pangkep Digelar Sederhana di Tengah Covid-19

Kamis, 23 April 2020 - 17:50 WIB
loading...
Pelantikan Hakim PN Pangkep Digelar Sederhana di Tengah Covid-19
Suasana pelantikan Hakim di PN Pangkep. Foto: Sindonews/Muhammad Subhan
A A A
MAKASSAR - Bagi seorang calon hakim, pelantikan menjadi hakim adalah momen besar bagi karirnya di dunia peradilan. Biasanya pelantikan dibuat semeriah mungkin dengan menghadirkan keluarga besar di lokasi pelantikan.

Namun di tengah suasana pandemi Covid-19 ini, empat orang calon hakim di Pengadilan Negeri Pangkep dilantik dengan sederhana dan hanya didampingi satu orang keluarga saja. Keempat hakim baru tersebut yaitu, Andi Ayu Atriani, Benny Haninta Surya, Tiara Khurin In Firdaus dan Tities Asrida dilantik oleh Pengadilan Negeri kabupaten Pangkajene, Farid Hidayat Sopamena SH MH diruang kantor PN Pangkep, Kamis, (23/4/2020).

Menurut Farid, pelantikan ini digelar sesuai dengan edaran Mahkamah Agung bahwa, segala aktifitas di lingkungan pengadilan harus sesuai dengan protap Covid-19. Ia mengakui, ingin agar pelantikan para hakim tersebut digelar dalam suasana yang lebih meriah namun karena wabah Corona ia meminta agar semua mengerti.

"Semua pengen pelantikan dihadiri keluarga besar, namun apa boleh dikata saya pun tak bisa berkata apa-apa. Iniwabah yang kita hadapi dan berdasarkan edaran MA, pelantikan harus seperti ini," kata Farid.

Alumni Fakultas Hukum Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar ini menuturkan, dengan bertambahnya empat orang hakim di PN Pangkep, maka total hakim saat ini berjumlah sebelas orang. Menurutnya, dengan penambahan hakim, maka persidangan akan berlangsung lebih cepat.

"Kami merasa kurang, dengan bertambahnya hakim maka proses sidang akan lebih cepat dan para pencari keadilan tidak perlu lagi lama menunggu sidang sampai malam," ujarnya.

Ia berharap para hakim yang baru saja dilantik membawa energi baru di PN Pangkep agar menjadi lebih baik.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0948 seconds (0.1#10.140)