Belasan Kerbau Mati Mendadak Gegerkan Peternak di Kuningan

Jum'at, 28 Januari 2022 - 20:56 WIB
loading...
Belasan Kerbau Mati Mendadak Gegerkan Peternak di Kuningan
Belasan ekor kerbau milik peternak di Desa Cihirup, Kecamatan Ciawigebang, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, mati mendadak. Foto/iNews TV/Miftahudin
A A A
KUNINGAN - Kematian kerbau yang terus terjadi selama 10 hari berturut-turut, menggegerkan para peternak di Desa Cihirup, Kecamatan Ciawigebang, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Petugas dari pusat kesehatan hewan Kecamatan Ciawigebang, telah melakukan pemeriksaan terhadap kerbau yang sakit.



Hingga kini, sudah ada belasan ekor kerbau milik peternak yang mati. Kerbau yang mati, merupakan kerbau yang diternak atau digembalakan secara liar di kawasan hutan pinggiran Desa Cihirup.



Menurut salah seorang peternak kerbau di Desa Cihirup, Sukari, sebelum kerbau-kerbau itu mati, rata-rata mengalami gejala seperti perutnya kembung. "Selain itu, sebelum mati kerbau-kerbau itu mengalami penurunan nafsu makan," tuturnya.



Petugas dari pusat kesehatan hewan Kecamatan Ciawigebang, telah melakukan pengobatan untuk mengantisipasi terjadinya kematian susulan. Selain itu, juga dilakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab kematian kerbau ini. Dugaan awal, kerbau sakit akibat makan rumput yang masih basah saat pagi hari.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2133 seconds (0.1#10.140)