UPZ PKT Salurkan Beasiswa Bagi 210 Mahasiswa Bontang Senilai Rp584,5 Juta

Selasa, 25 Januari 2022 - 16:11 WIB
loading...
UPZ PKT Salurkan Beasiswa Bagi 210 Mahasiswa Bontang Senilai Rp584,5 Juta
Dukung peningkatan kapasitas SDM melalui pendidikan, Unit Pengumpul Zakat PKT menyalurkan Program Beasiswa Cendekia bagi 210 mahasiswa berprestasi dari keluarga kurang mampu di Kota Bontang. (Ist)
A A A
BONTANG - Dukung peningkatan kapasitas SDM melalui pendidikan, Unit Pengumpul Zakat PT Pupuk Kalimantan Timur (UPZ PKT) menyalurkan Program Beasiswa Cendekia bagi 210 mahasiswa berprestasi dari keluarga kurang mampu di Kota Bontang. Beasiswa diserahkan secara simbolis oleh Ketua UPZ PKT Nur Sahid, bersama Wakil Wali Kota Bontang Najirah, di Hotel Grand Equator Bontang, Sabtu (22/1/2022) lalu.

Penyerahan Beasiswa Cendekia juga dihadiri oleh Direktur Keuangan dan Umum PKT sekaligus Penasehat UPZ PKT Qomaruzzaman, Kepala Divisi UPZ Baznas RI Faisal Qosim, Kepala Dinas Sosial Kota Bontang Bakhtiar Mabe, serta Perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bontang.

Diungkapkan Nur Sahid, Beasiswa Cendekia ini merupakan wujud pendayagunaan zakat melalui peningkatan kompetensi dan keterampilan masyarakat, yang sejalan dengan Peraturan Baznas RI Nomor 3 Tahun 2018 tentang Pendistribusian Zakat. Seluruh penerima Program Beasiswa Cendekia periode ini merupakan warga asli Bontang yang tersebar di 15 Kelurahan, dengan total manfaat senilai Rp584,5 Juta.

Para penerima beasiswa berasal dari 46 perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia, serta telah melalui proses verifikasi berupa tes dan survei menggunakan tools Had Kifayah sesuai rekomendasi Baznas RI.

“Beasiswa merupakan salah satu program unggulan UPZ PKT dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan dan sumberdaya manusia di Kota Bontang, sesuai 5 pedoman Baznas RI meliputi pendidikan, ekonomi, kesehatan, kemanusiaan serta dakwah dan advokasi," ujar Nur Sahid.

Sejak 2020, UPZ PKT telah menyalurkan zakat bagi 330 mahasiswa dari keluarga kurang mampu dalam bentuk beasiswa untuk jenjang Diploma 3 dan Strata 1 dengan total nilai penyaluran Rp1.001 Milyar. Besaran beasiswa pun beragam, yakni mulai dari Rp2,5 Juta sampai Rp3,5 juta sesuai komponen penilaian yang disyaratkan bagi calon penerima.

Direktur Keuangan dan Umum PKT sekaligus Penasehat UPZ PKT Qomaruzzaman mengungkapkan, Program Beasiswa Cendekia ini merupakan upaya peningkatan kualitas hidup mustahik melalui pendidikan, agar mampu bersaing dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan keterampilan, sehingga kedepan para penerima beasiswa memiliki kesempatan kerja yang lebih luas.

“Dengan mencetak generasi berilmu dan memiliki keterampilan, sasaran penyaluran zakat UPZ Pupuk Kaltim diharap mampu memberi dampak serta nilai manfaat yang optimal bagi masyarakat,” kata Qomaruzzaman.

Dirinya berpesan agar para mahasiswa penerima beasiswa dapat lebih serius menimba pengetahuan sesuai bidang masing-masing, sekaligus memanfaatkan waktu di bangku perkuliahan dengan baik, hingga bisa menyelesaikan masa studi dengan target dan hasil terbaik.

Beasiswa ini pun diharap semakin meningkatkan kualitas daya saing SDM Bontang melalui jalur pendidikan formal, sebab melalui pendidikan akan lahir manusia yang kuat secara akal untuk menuntun ke arah kemandirian.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1875 seconds (0.1#10.140)