Desa Wisata Tamansari Banyuwangi Raih Penghargaan Kategori Digital

Selasa, 25 Januari 2022 - 00:11 WIB
loading...
Desa Wisata Tamansari Banyuwangi Raih Penghargaan Kategori Digital
Desa Wisata Aik Rusa Berehun – Desa wisata ini mendapatkan Sertifikat Desa Wisata Berkelanjutan dari Kemenparekraf. Foto ist
A A A
BANYUWANGI - D esa Wisata Tamansari Banyuwangi raih peringkat 1 Desa Wisata Kategori Digital dari Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021. Sementara itu, Desa Wisata Pentingsari di Yogyakarta berhasil mendapatkan penghargaan kategori khusus yaitu Desa Wisata Mandiri Inspiratif dari lembaga yang sama.

Desa wisata tersebut merupakan desa binaan Bakti BCA. Inge Setiawati, EVP CSR BCA mengatakan, Desa Wisata Pentingsari di Yogyakarta, Desa Wisata Tamansari di Banyuwangi dan Desa Wisata Aik Rusa Berehun di Belitung juga mendapat sertifikasi sebagai desa wisata berkelanjutan dari Kemenparekraf Baca juga: Viral! Klaten Kini Punya Jembatan Gantung dan Gondola Membelah Jurang

“Penghargaan ini memacu semangat bagi seluruh desa wisata binaan Bakti BCA untuk senantiasa bersemangat dalam menghadirkan pariwisata yang adaptif. Kami berkomitmen untuk terus memberikan pelatihan serta pendampingan bagi seluruh desa wisata agar terus berkembang,” ujar Inge, Senin (24/1/2022).

Kehadiran sertifikasi serta penghargaan tersebut, kata Inge, memiliki nilai jual agar wisatawan tertarik dan merasa nyaman melakukan traveling di tengah pandemi seperti saat ini.



"Pembangunan pariwisata berkelanjutan juga menjadi salah satu target yang dilakukan oleh pemerintah dalam upaya menggalakan kembali pariwisata di Indonesia," ujarnya.Baca juga: Menparekraf Sandiaga Bersyukur Kunjungan ke Desa Wisata Meningkat 30 Persen



Inge mengatakan, desa wisata binaan pihaknya memiliki berbagai keunggulan sehingga memberikan daya tarik wisata tersendiri. Desa Wisata Tamansari di Banyuwangi yang berada di lereng Gunung Ijen menawarkan keindahan alama khususnya flora fauna dan kesenian Tari Gandrung.

Desa Wisata Aik Rusa Berehun di Belitung menawarkan potensi alam yang cantik beserta dengan kuliner setempat. Desa Wisata Pentingsari di Yogyakarta berada di lereng Gunung Merapi sehingga menawarkan pemandangan alam nan indah serta wisata budaya.

Seluruh prestasi yang ditorehkan oleh desa wisata tentunya menjadi pemacu bagi segenap pihak untuk kian mengembangkan program desa wisata.

"Kami berharap, prestasi ini dapat memberikan inspirasi bagi desa wisata lainnya untuk mengembangkan potensi yang ada. Tahun 2022 ini kami akan senantiasa berkomitmen memberikan pendampingan melalui berbagai program,” tutup Inge.
(don)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2437 seconds (10.101#12.26)