Dibelenggu Kemiskinan, Guru PAUD Ini Terpaksa Tinggal di Rumah Tua dan Nyaris Roboh

Senin, 24 Januari 2022 - 09:25 WIB
loading...
Dibelenggu Kemiskinan, Guru PAUD Ini Terpaksa Tinggal di Rumah Tua dan Nyaris Roboh
Rumah guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Ponorogo, Siti Maimanah nyaris roboh, akibat sudah dimakan usia. Puluhan warga gotong royong membangunnya kembali. Foto/iNews TV/Ahmad Subekhi
A A A
PONOROGO - Sungguh memilukan nasib guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Siti Maimanah. Akibat dibelenggu kemiskinan, warga di Kelurahan Mangunsuman, Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo ini, harus tinggal di rumahnya yang tak layak huni.

Baca juga: Kisah Bripka Sandi Praja Sisihkan Gaji untuk Renovasi Rumah Warga Tak Mampu di Sukabumi

Rumah sederhana yang ditempati Siti Maimanah, bersama suami, Rofii dan seorang puteranya, Muhammad Faiz yang masih berusia dua tahun tersebut, nyaris roboh seluruhnya akibat dimakan usia.



Sebagian rumah yang ditempati keluarga ini sudah roboh setahun lalu. Mereka terpaksa tingga di bangunan rumah yang tersisa, namun kondisinya sangat memprihatinkan, kayunya sudah banyak yang lapuk, temboknya retak-retak dan rawan roboh, serta ketika hujan atapnya bocor semuanya.

Baca juga: Komandan Pasukan Elite Kostrad Yonif Para Raider 502: Kami Tak Pernah Undang Babe Haikal



Bagian tembok yang sudah retak dan miring nyaris roboh, terpaksa ditahan menggunakan batang kayu seadanya. "Kalau hujan deras, kami mengungsi ke teras rumah. Selain di dalam rumah bocor, kami juga kawatir jika sewaktu-waktu bangunan roboh," ujar Siti Maimanah.

Gajinya sebagai guru PAUD yang tidak seberapa, dan suaminya yang bekerja sebagai buruh bangunan lepas penghasilannya tidak mementu. Kondisi ini membuat keluarga Siti Maimanah kesulitan untuk memperbaiki rumahnya. Jangankan untuk membangun rumah, untuk kebutuhan sehari-hari saja, mereka sudah pas-pasan.

Tragisnya nasib guru PAUD ini, viral di media sosial. Akhirnya, empati warga dari penjuru Kabupaten Ponorogo, bermunculan. Mereka dengan sukarela berdonasi untuk membantu guru PAUD dan keluarganya tersebut, agar bisa membangun rumah yang layak.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3172 seconds (10.55#12.26)