Peduli Bencana Erupsi Gunung Semeru, IMBI Salurkan Bantuan ke Lumajang

Selasa, 18 Januari 2022 - 20:06 WIB
loading...
Peduli Bencana Erupsi Gunung Semeru, IMBI Salurkan Bantuan ke Lumajang
Pengurus Ikatan Motor Besar Indonesia (IMBI) Pusat terpanggil untuk memberikan bantuan kepada warga korban terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang. Foto/Ist
A A A
LUMAJANG - Bencana erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur yang terjadi pada Sabtu, 4 Desember 2021 lalu mengakibatkan korban jiwa dan harta benda usai diterjang awan panas dan lahar dingin. Hingga kini sejumlah warga masih mengungsi.

Peristiwa yang memilukan ini pun membuat pengurus Ikatan Motor Besar Indonesia (IMBI) Pusat terpanggil untuk memberikan bantuan sosial dan tindakan sosial. Aksi sosial ini dalam rangka untuk meringankan beban saudara sebangsa yang tengah tertimpa musibah.

Baca juga: BNPB Janji Hunian Sementara Korban Erupsi Semeru Selesai 2 Bulan

"Sesuai petunjuk Ketua Umum IMBI Pusat, Komjen Pol (Purn) Mochamad Iriawan maka kami mengumpulkan donasi dari 25 pengda di seluruh Indonesia. Donasi yang terkumpul berjumlah Rp160 juta. Bantuan tersebut distribusikan kepada masyarakat melalui Pengda IMBI Jawa Timur," kata Sekjen IMBI, M Iqbal dalam keterangannya, Selasa (18/1/2022).

Bantuan dilaksanakan dalam 2 tahap. Tahap pertama telah dilakukan pada Senin (17/1/2022) yang disalurkan kepada korban erupsi Gunung Sumeru yang berlokasi di SD Pasirian Lumajang.

Bantuan telah diserahkan langsung kepada penduduk yang mengungsi di sana oleh Ketua IMBI Jawa Timur, Anton Abdullah.



Bantuan terdiri selimut, sarung, kopiah, sajadah, mukenah, celana dalam, pampers, sabun mandi, kopi, snack, susu, obat-obatan, minyak goreng, uang saku untuk puluhan kepala keluarga terdampak erupsi.

Baca juga: Jembatan Putus, Puluhan Relawan Terjebak di Curah Kobokan Gunung Semeru

Bantuan dana yang diserahkan di tahap pertama sebesar Rp60 juta. "Kami sangat prihatin dengan bencana erupsi yang terjadi di Semeru. Semoga bantuan ini dapat meringankan beban saudara-saudara kita disana yang terdampak bencana," ungkap M Iqbal.



Sedangkan bantuan tahap kedua akan didistribusikan dalam waktu dekat dengan total Rp100 juta yang difokuskan pada sembako, seperti beras dan minyak goreng.
(shf)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2481 seconds (10.101#12.26)