Gempa Tektonik Magnitudo 5,2 Guncang Sukabumi, Warga: Sekarang Sering Terjadi

Senin, 17 Januari 2022 - 10:07 WIB
loading...
Gempa Tektonik Magnitudo 5,2 Guncang Sukabumi, Warga: Sekarang Sering Terjadi
Gempa tektonik magnitudo 5,2 guncang wilayah Sukabumi, Jawa Barat, Senin (17/1/2022).Foto/ilustrasi
A A A
SUKABUMI - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis sebagian besar wilayah Kabupaten Sukabumi diguncang gempa tektonik magnitudo 5,2 pada Senin (17/1/2022) sekira pukul 07.25 WIB.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,55 ° LS ; 105,83° BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 100 km arah Barat Daya Kota Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, pada kedalaman 42 km.

Baca juga: Serangan Mendadak Ciung Wanara saat sang Raja Menyabung Ayam Meruntuhkan Kerajaan Galuh

Belum ada laporan kerusakan dampak dari gempa tersebut. Hingga pukul 09.32 WIB Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi belum menerima laporan adanya kerusakan dari kejadian ini.

Namun berbeda yang dirasakan oleh Yessi Christianti (42) salah satu warga Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi. Dirinya tidak merasakan adanya guncangan akibat gempa sama sekali. "Tidak berasa (gempa bumi) waktu tadi," ujarnya kepada MNC Portal Indonesia.

Berbeda dengan Nani Suryani (41) warga Kecamatan Baros, Kota Sukabumi, ia bersama tetangga lainnya merasakan adanya gempa yang tidak terlalu besar dalam waktu 7-10 detik. "Iya ada gempa tadi, tapi tidak begitu besar seperti yang terjadi pada hari kemarin, Sukabumi sering terjadi gempa sekarang," ujarnya.





Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kota Sukabumi, Imran Whardhani menyebutkan bahwa berdasarkan rilis yang diterima olehnya dari BMKG bahwa gempa yang terjadi kali ini tidak berpotensi tsunami.

"Sampai saat ini Pusdalops PB Kota Sukabumi, belum menerima laporan kejadian yang diakibatkan oleh kejadian gempa tersebut. Namun kami tetap waspada dan memonitor wilayah," pungkasnya.
(msd)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2382 seconds (10.101#12.26)