Banjir Kembali Kepung Kota Jayapura, Hampir Semua Titik Kota Terendam

Jum'at, 14 Januari 2022 - 19:36 WIB
loading...
Banjir Kembali Kepung Kota Jayapura, Hampir Semua Titik Kota Terendam
Hujan deras yang mengguyur Kota Jayapura dan sekitarnya sejak semalam, membuat hampir di semua titik di kota tersebut teredam banjir. iNews TV/Edy
A A A
JAYAPURA - Hujan deras yang mengguyur Kota Jayapura dan sekitarnya sejak semalam, membuat hampir di semua titik di kota tersebut teredam banjir.

Banjir yang menurut warga terparah sejak lima tahun lalu ini mencapai ketinggian sekitar 2 meter lebih.

Lokasi berdampak terparah adalah Pasar Youtefa Abepura. Di lokasi ini ketinggian air mencapai atap rumah warga hingga tim gabungan Basarnas, BNPB, TNI Polri, dan Relawan berjibaku mengevakuasi warga dari rumah mereka.

Wakil Wali Kota Jayapura, H. Rustam Saru saat melihat kondisi banjir dan evakuasi warga di komplek Pasar Youtefa mengaku prihatin dengan kondisi yang terjadi. Pihaknya menyebut tim gabungan tengah berupaya mengevakuasi semua warga yang terjebak banjir dikomplek tersebut

"Petugas sudah menangani ini, harap sabar jangan panik. Kami berupaya untuk menyiapkan makanan siap saji untuk para korban. Kita evakuasi mereka dulu. Kita tim gabungan dari Basarnas, BNPB POlri TNI dan Relawan berupaya mengevakuasi warga," ujar Rustam.

Dirinya menyebut akan melakukan pengerukan kali Acay yang tertutup dengan material dan sampah hingga air meluap kerumah rumah warga. Baca: Sembunyi di Kolong Tempat Tidur, Pelaku Pencabulan ABG di Deli Serdang Dibekuk.

"Kita butuh alat berat untuk mengangkat sampah dari kali Acay yang tersumbat dengan material dan sampah. Kami berupaya maksimal semoga bencana ini lekas usai," ucapnya.

Untuk diketahui, hingga saat ini genangan banjir sudah mulai surut. Meski begitu warga masih bersiaga akan prediksi hujan yang masih akan terjadi. Baca Juga: Hendak Melahirkan, Ibu di Banten Selamat dari Gempa M 6,7.

Selain banjir, beberapa lokasi juga terjadi longsor dan pohon tumbang. Bahkan ruas jalan di skayland longsor dan tidak bisa dilewati.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1768 seconds (0.1#10.140)