Kasus Pertama Omicron Ditemukan di Madiun, Pasien Merupakan TKI Berusia 25 Tahun

Jum'at, 14 Januari 2022 - 18:07 WIB
loading...
Kasus Pertama Omicron Ditemukan di Madiun, Pasien Merupakan TKI Berusia 25 Tahun
Kasus COVID-19 varian Omricon pertama ditemukan di Madiun. Foto/iNews TV/Arif Wahyu Efendi
A A A
MADIUN - Kasus pertama COVID-19 varian Omicron ditemukan di Kabupaten Madiun. Pasien yang terindikasi terpapar Omicron ini, merupakan seorang wanita berusia 25 tahun yang baru pulang dari luar negeri sebagai Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Baca juga: Omicron Menyebar Lebih Cepat Ketimbang Varian Delta, Kemenkes Tingkatkan 3T

Saat ini, pasien berinisial S asal Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, tersebut telah menjalani perawatan intensif di RSUD Dolopo Madiun. Direktur RSUD Dolopo Madiun, Purnomo Hadi menyebutkan, pasien ini memiliki riwayat perjalanan dari luar negeri tempat dirinya bekerja, dan sesampainya di Indonesia, sempat menjalani karantina selama 14 hari di wisma atlit.



"Kemudian pasien tersebut pulang ke Madiun pada tanggal 1 Januari 2022 lalu. Ketika akan mengadakan kegiatan, dan saat melakukan tes antigen secara mandiri di Puskesmas, ternyata keluar hasilnya positif COVID-19. Kemudian dilanjutkan tes PCR pada 7 Januari 2022. Dari tes PCR tersebut, keluar hasil positif COVID-19 yang mengarah ke varian Omicron, " terangnya.

Baca juga: Kisah Ghozali Everyday Mahasiswa Udinus Mendadak Jadi Sultan Gegara Jual Foto NFT



Kini pasien S tengah menjalani isolasi di ruang isolasi terpusat COVID-19 RSUD Dolopo Madiun. Purnomo Hadi mengatakan, pasien dalam kondisi yang cukup baik. Selain merawat pasien indikasi Omicron, saat ini RSUD Dolopo Madiun, juga tengah merawat satu pasien COVID-19 varian Delta.

Petugas dari Dinkes Kabupaten Madiun, juga telah melakukan tracing terhadap kontak erat pasien S sebanyak tiga orang, dan seluruhnya telah keluar hasil tesnya negatif COVID-19, dan kini menjalani karantina secara mandiri.

Baca juga: Gempa di Laut Guncang Banten, BMKG Minta Warga Waspada

Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan waspada terhadap penularan varian Omicron, yang memiliki daya tular tinggi. Masyarakat tetap diimbau selalu menerapkan protokol kesehatan, yakni menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun.
(eyt)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2663 seconds (11.252#12.26)