Ganjar Resmikan Aplikasi Pengelolaan Sampah Jeknyong Berkonsep Ojol

Rabu, 12 Januari 2022 - 23:21 WIB
loading...
Ganjar Resmikan Aplikasi Pengelolaan Sampah Jeknyong Berkonsep Ojol
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Foto: Istimewa
A A A
BANYUMAS - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meresmikan aplikasi Jeknyong. Aplikasi tersebut mengintegrasikan layanan daur ulang pengelolaan sampah dengan konsep ojek online ke masyarakat.

Ganjar juga mengapresiasi pemanfaatan teknologi artificial intelligence (AI) yang ada dalam aplikasi ini. Menurut dia, konsep jemput bola sampah ke masyarakat sangat tepat.

"Valuenya sampah terpilah terus kemudian bisa diolah dan dapat uang, ini jadi satu unit bisnis baru yang bisa dikelola. Pola yang cukup bagus," ujar Ganjar, di Banyumas, Rabu (12/1/2022).

Baca juga: Diskusi Bareng Warga, Ganjar Puji Kreativitas dan Kolaborasi Masyarakat Kebumen

Ganjar memberi contoh menyiapkan sampah botol plastik dan memberikannya kepada driver ojol yang dipanggil melalui aplikasi Jeknyong. Kemudian, driver akan menimbang sampah tersebut dan memberikan bayaran sebesar Rp1.500 untuk satu kilogram sampah botol plastik.

"Nah, sekarang tinggal kita mau melihat prakteknya, sehingga bila kita harapkan betul-betul bisa berjalan. Ya nantinya di baik gitu ya, pengelolaan mau tak tiru," papar Ganjar.



Sejauh ini, Jeknyong telah memiliki 100 mitra. Para mitra ojol Jeknyong itu menggunakan motor roda tiga saat bertugas.

Baca: Kekerasan Seksual di Sekolah Marak, Ganjar Tak Akan Toleransi

Aplikasi Jeknyong pun sudah resmi dikelola Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Banyumas Investama Jaya (BIJ) dan tersedia di Google Playstore.

Warga Banyumas bisa memilah berbagai jenis sampah anorganik seperti botol plastik, plastik hitam, plastik putih, botol kaca, barang bekas terbuat dari kuningan, tembaga, dan lainnya.
(hsk)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1969 seconds (10.101#12.26)